Yamaha Ungkap Alasan Kenapa Tidak Pertahankan Rossi

Pabrikan asal Jepang, Yamaha akhirnya buka suara soal keputusan mereka tidak lagi menaungi Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi pada kampanye musim 2021 mendatang. Adalah salah seorang nara sumber dalam Tim Garpu Tala yang membeberkan alasannya.

Rossi sendiri adalah andalan team Monster Energy Yamaha bersama dengan Maverick Vinales. Tapi dipastikan, musim 2021 mendatang The Doctor tak lagi berada dalam tim yang sama. Alasannya, adalah karena Yamaha lebih memilih Fabio Quartararo untuk jadi tandem Vinales.

Sebagai informasi, Rider asal Prancis membela Tim Yamaha Petronas SRT dan tampil garang musim 2019 kemarin. Sepanjang musim, dia berhasil meraih 7 podium dan 6 pole, serta duduk di peringkat 5. Di Usianya yang baru 21 tahun, catatan itu tentu sangat mengesankan.

Tak heran jika Quartararo lantas jadi rebutan sejumlah pabrikan MotoGP untuk dijadikan Rider andalan musim 2021 mendatang. Ducati merupakan salah satu pabrikan yang terang-terangan mengaku bahwa El Diablo adalah rider yang menarik.

Yamaha lantas tak ingin Quartararo merapat ke Tim Rival, dan akhirnya mereka bergerak cepat untuk mendapatkan tanda tangan kontrak rider Prancis tersebut. Mereka berhasil, menjamin posisi di Team Monster Energy Yamaha bersama Vinales, menggeser Valentino Rossi.

“Risiko kehilangan Fabio terlalu besar, jadi semua faktor yang ada mensugesti Vale harus pergi. Sampai sekarang, sungguh tak masuk akal jika kami bekerja tanpa Fabio, karena tak ada alternatif lain yang bisa memberi kami jaminan yang jelas,” ujar narasumber tersebut.

Gerak cepat yang dilakukan Yamaha terbilang aneh, karena sebelumnya tidak pernah ada pabrikan yang mencapai kesepakatan kontrak dengan pebalap sebelum musim baru bergulir. Tapi, Tim garputala benar-benar tak ingin kehilangan Quartararo.

“Menggaet Fabio lebih dulu memang bakal jadi tindakan bodoh, tapi jika Fabio pergi, maka ia akan tampil baik di pabrikan lain dan situasinya bakal rumit untuk Yamaha,” tandas sang nara sumber yang enggan disebutkan identitasnya tersebut.

Rossi di satu sisi masih belum memutuskan, apakah akan pensiun atau lanjut balapan musim depan. Andai lanjut, dia pasti akan bergabung dengan tim Petronas Yamaha SRT.

Leave a Comment