Xavi Dianggap Masih Kurang Pengalaman Untuk Tangani Barca

Quique Setien memang telah resmi menjadi manajer anyar Barcelona, bahkan sudah hampir sebulan berlalu. Namun desas-desus pelatih baru yang sempat meramaikan media Spanyol masih diperbincangkan sampai sekarang. Salah satunya, penolakan Xavi Hernandez.

Sejak awal tahun, Barcelona memang terganggu dengan isu pengganti Ernesto Valverde. Memang, pada akhirnya raksasa Catalan memecat manajer berusia 56 tahun tersebut dan menggantinya dengan Quique Setien. Tapi, Sebelum itu ada banyak nama kandidat yang bermunculan.

Mulai dari Ronald Koeman, Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, bahkan Xavi Hernandez. Kabarnya, Barcelona begitu menginginkan Xavi untuk menukangi Messi dkk. Alasannya karena sang legenda tahu persis identitas klub, dan mengenal klub luar dalam.

Sayangnya, Sang Legenda Spanyol disebut sudah menolak tawaran dari Barcelona. Penolakan tersebut membuat klub langsung mengalihkan targetnya. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya raksasa Catalan menunjuk mantan pelatih Real Betis, Quique Setien.

Berbicara mengenai rumor tersebut, legenda Barcelona yang kini menjabat sebagai direktur olahraga, Eric Abidal membantahnya dengan tegas. Memang sempat ada diskusi dengan Xavi, tapi tidak sedikitpun membahas masalah kemungkinan menjadi pelatih baru Barcelona.

Ditegaskannya bahwa itu adalah kabar buatan media saja, sehingga klub tidak sedikitpun terganggu dengan pemberitaan ini.

“Terganggu? Tidak. Saya melakukan pekerjaan saya. Saya terus mendekati sejumlah pelatih dan tidak ada satu pun yang bocor. Jika memang bocor, saya tetap bekerja seperti biasa. Mustahil mendatangkan pelatih tanpa bicara padanya. Setelah itu, yang bocor biarlah bocor.” Kata Abidal.

Lebih lanjut, eks Timnas Prancis ini menyebut Xavi masih kurang berpengalaman dalam menangani tim sepakbola. Memang, sang legenda berasal dari Barcelona, kenal baik klub luar dan dalam. Hanya saja, yang dibutuhkan sekarang adalah pelatih berpengalaman, dan Setien merupakan sosok yang tepat.

“Dia [Xavi] tidak punya pengalaman sebanyak itu. Memang benar dia berasal dari sini. Ini bisa jadi momen untuknya, atau tidak. Klub bertaruh dengan memilih Quique Setien untuk dua tahun ke depan dan kami sangat memercayai dia.” Sambungnya.

Tapi, sepertinya tidak menutup kemungkinan bagi Barcelona untuk menunjuk Xavi Hernandez pada masa mendatang.

Leave a Comment