Van Persie Yakin Arteta Bakal Jadi Pelatih Hebat di Arsenal

Mantan striker andalan Arsenal, Robin Van Persie mendukung eks rekannya Mikel Arteta untuk mendulang kesuksesan di dunia kepelatihan. Dia yakin, pria asal Spanyol tersebut bakal sukses dengan perannya sebagai manajer The Gunners.

Seperti diketahui, Mikel Arteta memang telah ditunjuk Arsenal sejak pertengahan musim kemarin. Ia menggantikan Unai Emery yang didepak dari kursi manajer dua bulan sebelumnya.

Masuk di pertengahan musim, Arteta tentu saja tidak bisa memaksimalkan kinerja tim, alhasil klub hanya finish di posisi ke-8 pada klasemen akhir Premier League.

Kendati demikian, yang tak bisa diabaikan adalah fakta bahwa Arteta sukses mempersembahkan gelar Piala FA bagi Arsenal. Trofi tersebut sekaligus mengamankan satu tiket ke ajang Liga Europa musim depan.

Setidaknya, ada secercah harapan bagi Arsenal dibawah arahan Pria asal Spanyol tersebut. Beberapa pihak juga mendukung klub untuk pertahankan Arteta.

Salah satunya adalah Robin Van Persie, mantan bomber andalan Arsenal ini percaya bahwa Arteta bisa jadi pelatih top di masa mendatang.

“Sebagai pelatih saya rasa dia memiliki potensi menjadi hebat. Saya mengatakan itu bahkan setelah menyaksikan beberapa sesi latihan awal, atau sedikit darinya,”

“Cara dia menghadapi media, cara dia membuat timnya bermain. Sangat menjanjikan, sangat positif. Dia butuh waktu. Terkadang Anda melihat tim atau pelatih dan berpikir ‘oke, pelatih ini bisa memiliki waktu 200 tahun dan itu takkan terjadi’,” ujar Van Persie kepada Stats Perform News.

Menurut analisanya, mantan pemain Manchester United ini menganggap Arsenal sudah berubah lebih baik sejak ditangani Arteta. Termasuk salah satu perubahan yang terlihat adalah para pemain lebih bisa bekerja sama di atas lapangan.

“Ketika saya melihat Mikel, saa melihat perubahan, saya melihat perubahan positif dan hal kecil yang terjadi. Bagaimana mereka bekerja sama, bagaimana mereka bertahan bersama,”

“Mereka bersama-sama menjadi berjarak lebih dekat ketika menyerang, tetapi juga ketika bertahan. Mereka menjadi lebih baik saat bertahan mengantisipasi set piece yang sebelumnya selalu menjadi masalah,” tutur Van Persie.

Pada bursa transfer musim panas ini, Mikel Arteta dipercaya meminta manajemen klub untuk mendatangkan beberapa pemain anyar.

Leave a Comment