Van Dijk Kecewa Ronald Koeman Tinggalkan Timnas Belanda

Ronald Koeman telah resmi menjadi pelatih Barcelona, dimana keputusan pria asal Belanda itu membuat bek Liverpool, Virgil Van Dijk merasa kecewa. Pasalnya, Koeman harus meninggalkan pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Belanda untuk menerima tawaran klub Spanyol tersebut.

Sebagaimana diketahui, sekitar dua pekan lalu Barcelona memang telah mengumumkan kedatangan Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien. Pergantian pelatih ini adalah salah satu usaha Raksasa Catalan setelah kegagalan total di musim 2019/20 kemarin.

Spekulasi penunjukkan Koeman sudah terdengar sejak akhir musim kemarin. Benar saja, sang pelatih tidak pikir panjang melepas jabatannya sebagai pelatih Tim Nasional Belanda untuk menerima tawaran dari sang mantan klub.

Banyak yang menganggap keputusan Koeman ini cukup mengejutkan, sebab sebelumnya dia pernah berkomitmen memimpin tim sampai di ajang Euro 2020 mendatang.

Para pemain Tim Nasional Belanda, termasuk kapten Virgil van Dijk juga mengaku kecewa dengan keputusan Koeman. Akan tetapi di satu sisi dia paham betul bahwa mantan pelatih Everton tersebut sudah sejak lama menantikan tawaran pekerjaan ini.

“Kami semua kecewa melihat pelatih timnas hebat meninggalkan kami, tapi kami akan memberinya kesempatan itu dengan sepenuh hati,”

“Anda bisa bertanya pada masing-masing pemain dalam skuad kami, mereka semua pasti merasakan hal yang sama. Ini [melatih Barca] adalah mimpi terbesarnya.” ungkap Van Dijk kepada Goal internasional.

Pemain andalan Liverpool ini mengaku sempat dihubungi oleh Koeman sebelumnya terkait dengan tawaran dari Barcelona ini. Van Dijk pun mengerti dengan keputusan pelatihnya itu dan tidak mencoba untuk merayunya agar tetap bertahan di Tim Nasional.

“Pada masa ini, dengan corona dan ketidakpastian yang datang besertanya, kompetisi Eropa yang tidak pasti kapan dimainkan, jika kesempatan seperti itu datang, saya bisa memahaminya,”

“Saya tidak mencoba merayu dia untuk bertahan pada saat itu. Tentu saja tidak ada yang menduga semuanya terjadi begitu cepat, tapi kami semua sangat senang untuk dia. Sekarang kami harus beranjak,” pungkasnya.

Sebenarnya, tugas Koeman sebagai pelatih baru Barcelona cukup berat, pasalnya dia harus bisa membangkitkan Tim Catalunya itu musim depan.

Leave a Comment