Valentino Rossi Akui Ujicoba di Qatar Lebih Sulit

Tidak hanya Fabio Quartararo yang merasakan tingkat kesulitan berbeda saat melakoni Ujicoba Pra musim kedua di Sirkuit Losail, Qatar. Pembalap Senior, Valentino Rossi juga merasakan bahwa tes kemarin lebih sulit dari tes hari pertama.

Seperti diketahui, Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi memang telah mencoba ban baru pada tunggangannya, Michelin dalam Ujicoba Pra musim MotoGP 2020. Tes balap tersebut berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu kemarin (23/02).

Dalam ujicoba tersebut, ada beberapa hal yang dipelajari rider asal Italia ini dari tunggangan barunya. Salah satunya adalah bagaimana ban yang digunakan. Di samping itu, sang juara dunia sembilan kali juga mencoba beberapa variasi modifikasi untuk tunggangannya demi menemukan setelan yang ideal.

Alhasil, mantan pebalap Ducati Corse ini menyelesaikan 52 putaran dengan waktu terbaik 1 menit 54,740 detik atau terpaut 0,702 dari Fabio Quartararo, yang menunggangi motor Petronas Yamaha SRT. Merasa hasil tersebut kurang memuaskan, Rossi lantas bertekad meraih hasil yang lebih baik di tes ketiga.

“Hari ini lebih sulit dibanding kemarin karena saya mencoba sesuatu untuk memperbaiki sejumlah area seperti pengereman. Sayangnya, kami mengorbankan hal lainnya. Kemarin juga kelihatannya ban bisa bertahan di sepanjang jarak balapan, tapi hari ini kami mengalami kendala, jadi ini hari yang lebih sulit bagi saya” kata Valentino Rossi, seperti dilansir situs resmi MotoGP.

Lebih lanjut, Rider berusia 41 tahun tersebut menilai bahwa hari ketiga ujicoba pra musim di Sirkuit Losail nanti akan sangat penting untuk race sesungguhnya nanti. Karena itu, pebalap berjuluk The Doctor bertekad bisa meraih hasil yang lebih baik pada hari ketiga.

“Besok (hari ini) hari yang penting karena menjadi hari terakhir tes musim dingin, jadi kami harus merangkumnya. Saya rasa kami melakukan tugas dengan baik, kami mencoba segalanya, jadi mari lihat besok,” papar Valentino Rossi.

Tentu saja, para rider akan berusaha sekeras mungkin mendapat setelan yang ideal untuk tunggangan mereka demi hasil terbaik pada Seri perdana di Sirkuit Losail awal Maret mendatang.

Leave a Comment