Ungkapan Perpisahan Ronald Koeman untuk Timnas Belanda

Setelah resmi diumumkan sebagai manajer anyar Barcelona, Ronald Koeman lantas mengucapkan selamat berpisah kepada Tim Nasional Belanda karena telah meninggalkan jabatannya sebagai pelatih.

Sejak pemecatan Quique Setien pasca kekalahan mengenaskan dari Bayern Munchen di babak perempat final Liga Champions Eropa pekan lalu, nama Ronald Koeman memang muncul sebagai kandidat terkuat pelatih baru Barcelona.

Benar saja, pada Rabu kemarin (19/08), Barcelona resmi mengumumkan penunjukkan Koeman sebagai pelatih baru Messi dkk.

Sebelum ini, mantan pelatih Everton tersebut masih berstatus sebagai pelatih timnas Belanda. Ia sudah menjabat sebagai pelatih tim Oranje sejak Februari 2018 lalu. Tapi seiring dengan perekrutan Barcelona, Koeman pun harus merelakkan jabatannya tersebut.

Dia lantas mengucapkan terima kasih kepada KNVB (PSSI-nya Belanda) karena pernah memberinya kepercayaan untuk jadi pelatih tim Nasional.

“Merupakan suatu kehormatan menjadi pelatih nasional Belanda. Selama dua setengah tahun terakhir, saya telah melakukan semua yang saya bisa untuk meraih kesuksesan bersama Oranje,”

“Saya melihat ke belakang dengan bangga atas apa yang telah kami raih bersama dalam periode itu. Timnas Belanda memiliki masa depan yang cerah, saya yakin akan hal itu,” katanya dalam pernyataan yang diterbitkan oleh KNVB.

Barcelona sendiri bukan klub yang asing bagi Ronald Koeman, karena saat masih aktif bermain dulu, dia pernah menjadi pilar kebanggaan klub Catalan tersebut.

Bahkan, eks pelatih Southampton ini membela Barcelona selama enam tahun, tepatnya pada periode 1989 sampai 1995. Kini, kembali ke Camp Nou dengan kapasitas sebagai pelatih membuat Koeman merasa bangga.

“Semua orang tahu bahwa Barcelona adalah klub impian saya. Rasanya sangat istimewa bagi saya bisa menjadi pelatih di sana,” seru Koeman.

Adapun, kepergian Ronald Koeman dari kursi pelatih Timnas Belanda membuat sedih pihak KNVB. Hal tersebut diungkapkan oleh Director of Football organisasi tersebut, Eric Gudde. Kendati begitu, pihaknya tetap menghormati keputusan sang juru taktik.

Di Barcelona sendiri, Ronald Koeman telah menyepakati kontrak berdurasi dua tahun. Kini ia harus menghadapi tugas berat untuk bisa membangkitkan raksasa Catalan dari masa terpuruk.

Leave a Comment