Ukir Rekor Lagi, Buffon Malah Ogah Jadi Panutan

Sangat tepat keputusan yang dibuat Gianluigi Buffon untuk terus bermain meski usianya sudah 42 tahun. Bagaimana tidak ? sang Kiper Legendaris Italia ini sukses mencatatkan rekor baru karena keputusannya tersebut. Berkat performanya dalam laga melawan Udinese kemarin, Buffon kini tercatat sudah bermain di 4 Dekade berbeda, 1990-an, 2000-an, 2010-an, dan 2020.

Sebagaimana diketahui, Juventus berhadapan dengan Udinese pada babak 16 besar Coppa Italia, Kamis dinihari WIB kemarin (16/01)/ Pertandingan itu menjadi yang pertama buat Buffon pada tahun ini, lantaran dalam dua laga sebelumnya di ajang Serie A Italia, Manajer Maurizio Sarri menurunkan Wojciech Szczesny.

Berkat penampilannya dalam laga tersebut, Buffon tak hanya mencatat rekor sebagai pemain yang aktif bermain di 4 dekade berbeda, tapi juga menyamai rekor caps terbanyak di Italia yang sebelumnya ditorehkan Paolo Maldini. Total, Buffon sudah menorehkan 647 penampilan di ajang Serie A Italia sejak debutnya di tahun 1996 silam.

Kendati demikian, catatan apik tersebut tak lantas membuat sang legenda besar kepala. Buffon tetap rendah hati. Bahkan, ia tidak ingin jadi role model atau anutan bagi yang lain, termasuk bagi para pemain muda. Alasannya karena dia tidak ingin para orang tua memberi tekanan kepada anak-anak mereka agar meraih prestasi yang tinggi.

“Saya tak ingin jadi anutan untuk anak kecil dan orang-orang, itu bukan aspirasi saya, saya tidak merasa perlu mendidik siapapun. Banyak dari Anda yang ingin saya mengambil tanggung jawab ini, tapi pendidikan seorang anak tergantung pada orang tua,” Kata Buffon kepada reporter.

Adapun sejak kembali dari Paris Saint-Germain pada musim panas kemarin, sejauh ini Buffon telah mencatat 9 penampilan di semua ajang. Sedangkan debutnya di Serie A berlangsung pada musim 1995-1996 dengan berkostum Parma. Buffon menghabiskan sebagian besar karirnya bersama dengan Juventus.

Dia membela Bianconneri pada dua periode berbeda, 2001 sampai 2018, kemudian kembali lagi ke Turin pada musim panas tahun 2019 lalu sampai sekarang. Menariknya, di usia 42 tahun, sang legenda belum memiliki rencana untuk gantung sepatu.

Leave a Comment