Tips Merawat Mata untuk Anda yang Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Orang-orang saat ini sedang mengalami fluks. Perubahan dari buku ke iPad dan smartphone telah mengubah cara bagaimana mendapatkan berita, berbicara dan terhubung dengan kontak sosial serta mendapatkan informasi. Menatap komputer setiap harinya tak bisa terelakkan lagi. Namun, ada beberapa tips agar kita bisa menghindari kerusakan mata kita dengan menggunakan beberapa pengobatan sederhana.

 

Hal yang harus dilakukan

  • Istirahat: Ini sulit dilakukan sekuat mengabaikan senyum kucing. Berhenti menatap layar setelah Anda duduk di depannya selama 20 menit. Atur penghitung waktu menggunakan jam alarm Anda selama 20 menit. Ketika berdering, berhentilah melihat layar Anda dan berdiri atau mengambil beberapa langkah dari meja kerja Anda. Setelah beberapa hari, Anda menjadi selaras dengan waktu istirahat.
  • Jarak Layar Komputer Lebih dari Satu Jengkal Kaki: Orang-orang dengan laptop cenderung menyimpannya terlalu dekat dengan wajah mereka. Hal tersebut dapat menimbulkan sakit kepala. Bila Anda harus menggunakan laptop, cobalah atur jarak lebih dari satu kaki.
  • Kenakan Kacamata: Mengenakan lensa kontak dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Tapi, sekali atau dua kali seminggu beralih ke kacamata rutin Anda. Ini akan membantu membersihkan mata Anda dan melembabkan mereka.
  • Gunakan Huruf Besar dan Kontras Tinggi: Ukuran font yang disarankan adalah tiga kali ukuran terkecil yang dapat Anda lihat. Ini tentang ukuran 11 atau 12 di sebagian besar font. Gunakan kontras tinggi sehingga Anda mengurangi ketegangan pada mata Anda.

 

Hal yang Harus Dihindari

  • Jangan Menggosok Mata: Menggosok mata Anda menghancurkan pembuluh darah menit yang membantu membawa makanan ke mata Anda. Itu membuat mata tetap lembab sehingga Anda lega ketika berkedip.
  • Hindari Merokok: Merokok merusak pembuluh darah halus. Cobalah untuk menghindari merokok, semoga minuman buah menyegarkan.
  • Atur Kecerahan Komputer Rendah: Layar komputer dengan kecerahan ekstrim dapat menyebabkan kerusakan permanen yang besar pada mata Anda. Gunakan pengaturan moderat untuk kecerahan layar.
  • Hindari Memberi Tekanan Pada Mata Anda: Membaca dalam kendaraan yang bergerak akan menyebabkan tekanan besar pada mata Anda. Banyak orang membaca dari smartphone untuk waktu yang lama di malam hari. Buatlah titik untuk tidur teratur.

Perhatikan sinyal peringatan. Jika Anda melihat kilatan cahaya terang ketika Anda menutup mata, itu bisa menjadi pertanda masalah serius. Istirahat cukup dan rutin kunjungi dokter spesialis mata Anda.

Leave a Comment