Tips Mengurangi Stres Jelang Masa Persalinan

Jika mendengar cerita dari rekan-rekan anda, sepertinya persalinan adalah periode tersulit bagi wanita dibandingkan periode 9 bulan mengandung. Ada beragam cerita, mulai dari rasa sakit sampai pasca operasi caesar. Tak heran jika kaum wanita akan mulai merasakan stres menjelang masa persalinan. Nah, jika anda termasuk, berikut ada beberapa tips mengurangi stres jelang persalinan.

1. Menyingkirkan pikiran negatif

Munculnya stres, rasa takut, dan kecemasan pada ibu hamil kebanyakan dipicu oleh pikiran negatif. Jadi, salah satu cara untuk mengurangi kadar stres menjelang persalinan adalah dengan mengurangi pikiran negatif yang terlintas di kepala. Mengurangi atau menghilangkan pikiran negatif bisa dengan melihat foto-foto bayi yang menggemaskan dan tersenyum, maka anda akan lebih bersemangat untuk menjalani proses persalinan.

2. Menenangkan diri

Menenangkan diri untuk mengurangi stress sangat ampuh, caranya cukup mudah, termasuk dengan mengatur pernafasan kita. Selain itu kita juga perlu mencari tempat yang tenang dan redup, kemudian memposisikan diri untuk duduk tegap. Kemudian, hirup napas sedalam mungkin dari hidung dan perlahan keluarkan lewat mulut. Lakukan rutin sembari membayangkan tempat indah seperti pinggir pantai, sunset, sunrise atau berada di air terjun yang indah.

3. Membekali diri dengan berbagai persiapan

Persiapan jelang persalingan sangatlah penting, siapkan apa yang memang perlu disiapkan seperti baju-baju untuk si kecil, minuman atau makanan sebagai penambah energi semasa melahirkan, dan akses jalan termudah untuk ke rumah sakit terdekat. Dengan mempersiapkan perbekalan ini, anda akan lupa dengan pikiran negatif.

4. Menerapkan gaya hidup sehat

Terlepas dari semua itu, yang tak kalah penting adalah tetap menjaga kesehatan, menghindari kebiasan buruk. Misalnya merokok, tidur terlalu malam, makan junk food, atau melakukan pekerjaan berat. Sebaliknya, Anda perlu cukup istirahat, makan makanan bergizi, minum tablet penambah darah jika diminta dokter, dan tetap aktif bergerak, seperti melakukan olahraga ringan.

5. Selalu terhubung dengan dokter

Dan terakhir adalah rutin memeriksakan kandungan kita ke dokter, karena dokter adalah orang yang paling tahu situasi dalam perut kita. Jadi, tetaplah terhubung dengan dokte kandungan yang anda percayakan sejak awal kehamilan.

Leave a Comment