Tips Aman Berpergian Jauh di Tengah Ancaman Virus Corona

Virus Corona atau Corona virus kini jadi momok yang menakutkan bagi siapa saja, tak terkecuali masyarkat Indonesia. Meski sumber dari virus tersebut sendiri berasal dari negeri China, tetap saja masyarakat dunia patut waspada.

Hal ini dikarenakan virus corona bisa tersebar mudah lewat beberapa media, termasuk udara diantaranya. Tapi bagi kamu yang punya agenda untuk berpergian jauh tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut agar aman selama berpergian jauh.

1. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi dengan Dokter bisa dikatakan sebagai persiapan terbaik sebelum berpergian jauh. Namun, ini harus kamu lakukan paling tidak selama empat minggu sebelum berpergian jauh. Dokter jelas akan memberikan tips yang bermanfaat, apa saja yang harus kamu hindari, penanganan pertama, gejala virus corona, sampai obat-obatan yang diperlukan.

2. Hindari Tempat Hewan Liar

Virus Corona terbukti bisa tersebar lewat hewan liar. Karenanya hindari tempat-tempat hewan liar seperti area tempat hewan disembelih, seperti peternakan dan pasar hewan hidup dan pasar ikan dan binatang laut. Apabila Anda terpaksa mengunjungi tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, maka sebaiknya hindari kontak secara langsung.

Tapi jika memang sudah terjadi, maka jangan sampai tangan anda menyentuh bagian-bagian vital tubuh seperti mulut, hidung dan mata. Sebaiknya gunakan sarung tangan jika anda memang berurusan dengan tempat hewan liar tersebut.

3. Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang sudah dianjurkan sejak dulu, bahkan sebelum hebohnya wabah virus corona ini. Dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivias, kita akan terhindar dari ancaman bakteri atau virus yang kemungkinan ada pada barang yang kiat sentuh.

Pasalnya, orang terkadang tidak sadar setelah beraktivitas menyentuh bagian vital pada tubuh mereka, termasuk mulut dan hidung. Karenanya, cuci tangan termasuk tips aman untuk menghindari virus corona. Disarankan menggunakan sabun atau antiseptik.

4. Meggunakan Masker

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan masker. Dengan menggunakan masker, mulut dan wajah kita akan terlindungi dari paparan polusi udara. Sedangkan Virus Corona bisa tersebar lewat udara, persis seperti flu, batuk dan pilek. Gunakan masker setiap kali melakukan aktivitas di luar rumah.

Leave a Comment