Terungkap! Harusnya Ronald Koeman Yang jadi Pelatih Barca

Alih-alih Quique Setien yang menjabat sebagai pelatih Barcelona, baru saja terungkap fakta bahwa harusnya yang menduduki jabatan tersebut adalah Ronald Koeman. Eks pelatih Everton mengaku mendapat tawaran dari Raksasa Catalan pada Januari lalu.

Barcelona memang melakukan pergantian pelatih pada bursa transfer musim dingin Januari lalu. Mereka mendepak Ernesto Valverde dari kursi manajer, tak lama setelah kegagalan di ajang Piala Super Spanyol.

Sebelum pemecatan tersebut diumumkan pihak klub, ada beberapa nama pelatih top yang dikaitkan dengan posisi Valverde. Termasuk diantaranya adalah Ronald Koeman, Mauricio Pochettino sampai Massimiliano Allegri.

Akan tetapi, pada akhirnya raksasa Catalan menunjuk Quique Setien untuk menjadi suksesor Valverde. Namun, baru saja terungkap fakta bahwa ternyata Setien bukan satu-satunya pertimbangan Barcelona.

Ronald Koeman selaku pelatih Timnas Belanda mengaku mendapatkan tawaran dari Barcelona pada januari lalu.

“Ia, itu memang benar ada,” ujar Koeman kepada Goal International.

Sebenarnya, Ronald Koeman sendiri sudah sejak lama mengindamkan pekerjaan tersebut. Namun bukan tanpa alasan dia menolak tawaran dari Barcelona.

Koeman mengaku sedang fokus mempersiapkan timnas Belanda untuk ajang Piala Eropa 2020 mendatang. Dia tidak bisa pindah begitu saja di tengah-tengah persiapan tersebut.

“Saya mengatakan ‘tidak’ kepada mereka karena saya masih bekerja untuk Tim Nasional.” Tandasnya.

Sebagai informasi, Belanda dipastikan masuk ke Grup A1 UEFA Nations League tahun ini. Mereka akan berada satu grup dengan Italia, Bosnia-Herzegovina dan Polandia.

Melihat hasil drawing tersebut, Ronald Koeman tampak bersyukur lantaran terhindar dari Group Neraka yang tentu saja akan menyulitkan para pemainnya.

“Menurut opini saya, grup ini cukup bagus karena grup ini sebenarnya bisa lebih sulit. Yang lebih menyenangkan adalah kami bisa menghadapi negara-negara yang belum pernah kami hadapi selain Italia.” ujarnya.
Barcelona sendiri masih belum menemukan ritme permainan terbaik dibawah arahan Quique Setien. Terbaru, mereka takluk 0-2 saat bertandang ke markas klub Rival, Real Madrid. Akibat dari kekalahan tersebut, Barca kini berada di posisi ke-2 pada klasemen sementara.

Namun, di posisi tersebut Messi dkk hanya tertinggal satu poin dari Real Madrid.

Leave a Comment