Terlalu Sering Minum Air Dingin Bisa Berdampak Buruk

Di tengah-tengah cuaca panas, biasanya rasa haus lebih sering datang, untuk melepas dahaga, kebanyakan orang memilih meneguk air dingin.

Memang, meminum air dingin saat cuaca panas terasa segar, tapi terlalu sering meminum air dingin juga tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa dampak yang bisa dihadirkan dari kebiasaan meminum air dingin, termasuk diantaranya:

1. Menghambat pencernaan

Pernah merasa susah Buang Air Besar? Bisa saja ini disebabkan oleh kebiasaan minum air dingin, karena sebagaimana dikutip dari Ndtvfood, air atau minuman dingin membuat pembuluh darah menjadi kencang, sehingga menghambat pencernaan.

Tak hanya membuat susah buang air besar, keseringan minum air dingin juga dapat menghambat proses alami penyerapan nutrisi di dalam pencernaan.

Contoh sederhana adalah ketika suhu normal tubuh adalah 37 derajat C, tubuh akan menggantinya dengan mengeluarkan energi untuk mengatur suhu, lantaran kita meminum air atau minuman dengan suhu yang rendah.

Nah, Energi ekstra ini yang akan digunakan untuk mengatur suhu dalam proses pencernaan sehingga menyerap nutrisi.

2. Sakit tenggorokan

Kebanyakan orang tua akan melarang anaknya untuk meminum air dingin terlalu sering, karena mereka menganggap akan membuat tenggorokan menjadi sakit.

Faktanya memang demikian, karena minum air dingin, terutama setelah makan bakal menghasilkan penumpukan lendir berlebih (mukosa pernapasan), yang membentuk lapisan pelindung saluran pernapasan.

Saat saluran tersebut tersumbat, maka tenggorokan kita bisa terserang infeksi sehingga terjadilah sakit tenggorokan.

3. Menguras energi

Walaupun minum air es dapat memberikan kesegaran, dikutip dari Babamail, hal tersebut juga dapat menguras energi karena tubuh harus menggunakan energi ekstra untuk proses menghangatkan air es di dalam tubuh dan menyesuaikannya ke suhu rata-rata sesuai dengan kondisi tubuh.

Tak heran jika banyak orang yang justru merasa lemas atau mengantuk setelah mengkonsumsi air atau minuman dingin.

Jadi, apakah berbahaya mengkonsumsi Air atau Minuman Dingin? Tentu saja tidak, dengan syarat dalam jumlah yang wajar. Jika cuaca sedang panas, ada baiknya meminum air atau minuman dingin sekedar saja tanpa berlebihan.

Leave a Comment