Terbukti Gelapkan Pajak, Mourinho Divonis Penjara

Manajer asal Portugal, Jose Mourinho memang sudah lama meninggalkan Spanyol, namun fakta tersebut tak lantas membuat The Special One terbebas begitu saja dari Sanksi yang menjeratnya terkait dengan kasus penggelapan pajak yang pernah dia lakukan saat menangani Real Madrid. Bahkan karena pelanggaran tersebut, Mourinho mendapat vonis penjara selama satu tahun.

Sebagaimana diketahui, Jose Mourinho memang sempat menangani Real Madrid, tepatnya sejak tahun 2010 sampai tahun 2013. Selama periode tersebut, pelatih berjuluk The Special One tidak bisa dikatakan sukses. Memang, dia berhasil mempersembahkan trofi juara La liga Spanyol, namun jika dibandingkan pencapaian sebelumnya bersama Inter Milan, Mourinho tidak bisa dibilang sukses.

Bahkan, periodenya di Real madrid lebih sering diwarnai berita negatif, termasuk diantaranya perseteruan dengan para pemain Barcelona, sampai konflik internal klub. Mourinho kemudian pergi secara tidak terhormat pada musim panas tahun 2013 karena tidak berhasil mempersembahkan satupun trofi bagi Real Madrid pada musim terakhirnya. Pada intinya, periode Mourinho di Real madrid adalah salah satu versi terburuk dari sang manajer.

Dan itu tidak hanya berlaku soal prestasi, tapi tentang kelakuan sang pelatih di luar sepakbola, dimana baru saja terbukti bahwa Mourinho melakukan penggelapan pajak. Pihak Otoritas Spanyol telah membuktikan bahwa The Special one menghindari pajak antara tahun 2011-2012 terkait dengan lisensi Image Rights senilai 3,5 Juta Euro.

Menurut warta El Mundo, Mourinho akhirnya mencapai kesepakatan dengan otoritas pajak Spanyol dan menerima vonis penjara dua kali enam bulan dari masing-masing tahun dirinya melakukan praktik ilegal tersebut. zMantan arsitek Inter Milan ini juga mesti membayar denda €2 juta.

Terlepas dari hukuman yang dikenakan kepadanya, Mourinho tidak harus mendekam di balik jeruji besi. Hukum di Spanyol menyatakan vonis di bawah dua tahun untuk pelanggaran pertama bisa dijalankan dalam masa percobaan.

Leave a Comment