Temuan 14 Kasus Positif Corona, MotoGP Di Portugal Bisa Batal Digelar

Sirkuit Portimao, Portugal terancam batal menjadi venue MotoGP pada tanggal 20-22 November 2020 mendatang setelah ditemukannya 14 kasus positif virus Corona pasca Formula 1 GP beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, GP Portugal Musim ini adalah yang pertama kali digelar sejak terakhir di tahun 2012 silam. Akan tetapi, pihak penyelenggara memang berhak membatalkan gelara tersebut lantaran ditemukannya kasus Covid-19 dengan 14 orang diantara anggota tim-tim Formula 1.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa gelaran Formula 1 GP digelar pada tanggal akhir Oktober lalu di Sirkuit Portimao, sirkuit yang sama yang akan digunakan pada seri GP Portugal pada 22 November mendatang.

Seri ini lantas menarik antusiasme dari para penggemar MotoGP di seluruh dunia. Pasalnya, Sirkuit Portimao adalah sirkuit universal yang juga selama ini digunakan sebagai tuan rumah WorldSBK.

Akan tetapi, meningkatnya jumlah kasus virus Corona di Formula 1 setelah balapan di Trek tersebut berlangsung lantas membuat pihak otoritas kesehatan setempat menjadi khawatir.

Sapo Desportipo melaporkan pada Jum’at lalu (30/10) bahwa pihak Pemerintah Portugal tak menyingkirkan kemungkinan untuk membatalkan MotoGP Portugal.

Seperti yang diketahui, F1 GP Portugal sendiri digelar dengan kehadiran penonton, namun tanpa protokol kesehatan yang mumpuni, karena para penggemar tak menaati anjuran physical distancing meski menggunakan masker.

Nah, sama dengan Formula 1, nantinya MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao rencananya juga akan menghadirkan penonton. Bahkan, semua tiket sudah ludes terjual.

Tapi, dengan meningkatnya angka pertumbuhan kasus covid-19 ini, bisa saja kebijakan tersebut ditarik. Dengan kata lain, GP Portugal nanti tidak akan bisa dihadiri penonton.

“Evolusi pandemi ini berarti semua tindakan pencegahan, berikut gelaran apa pun, akan terus dievaluasi, dan semua keputusan akan diambil berdasarkan evolusi pandemi dan apa yang akan terjadi pada beberapa hari ke depan,” ujar Sekretaris Kesehatan Negara, Diogo Serra Lopez.

Ya, dibandingkan gelaran MotoGP harus dibatalkan, tampaknya opsi tetap menggelar balapan di sirkuit tersebut tanpa kehadiran penonton adalah opsi terbaik saat ini.

Apalagi, mengingat fakta bahwa ini adalah kali pertamanya GP Portugal digelar sejak terakhir kali di tahun 2012 silam.

Leave a Comment