Tanpa Ronaldo, Madrid Diyakini Sulit Pertahankan Titel UCL

Untuk pertama kalinya selama sembilan tahun terakhir, Real Madrid akan bermain tanpa kehadiran mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo pada kampanye musim 2018/19 ini. Kendati masih ada banyak pemain bintang di tim utama Real Madrid, namun legenda Manchester United, Rio Ferdinand, menilai Los Blancos sulit pertahankan trofi UCL tanpa kehadiran Ronaldo.

Sebagaimana diketahui, Cristiano Ronaldo telah membela Real Madrid sejak tahun 2009 silam. Selama periode sembilan tahun karirnya bersama dengan Setan Merah, pemain berusia 33 tahun tersebut berhasil mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi, termasuk diantaranya empat titel Liga Champions Eropa. Dengan fakta bahwa Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah, tentu kontribusinya bagi Madrid dalam memenangkan empat trofi tersebut sangatlah besar.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo memutuskan hengkang dari Santiago Bernabeu pada bursa transfer musim panas tahun ini menuju Juventus. Kendati tanpa pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub, faktanya Real Madrid juga memiliki para pemain bintang. Namun demikian, Rio Ferdinand tidak yakin Madrid bisa mempertahankan gelar Liga Champions Eropa tanpa Ronaldo.

“Saya rasa mereka [Real Madrid] tidak akan sekuat musim lalu, Kita sudah melihat musim lalu, bahwa dia [Cristiano Ronaldo] selalu menjadi pembeda untuk mereka. Ketika Madrid tertinggal atau mereka butuh mmecahkan kebuntuan, Ronaldo akan maju untuk membebaskan mereka dari posisi yang sulit. Saya tidak tahu apakah mereka memiliki pemain yang bisa melakukan apa yang dilakukan Ronaldo atau tidak saat ini.” Ferdinand kepada Goal International.

Lebih lanjut, Ferdinand mengaku bahwa saat ini harapannya ada pada winger Tim Nasional Wales, Gareth Bale.

“Saat ini tekanan ada pada diri Gareth Bale. Bisakah Bale maju dan menjadi pembeda untuk Real Madrid saat ini? Kita semua tahu bahwa dia memiliki kemampuan dan potensi untuk menggantikan tugas Ronaldo. Saat ini panggung sudah tersedia untuknya, dan saya sendiri berharap dia bisa menjadi pembeda untuk Real Madrid saat ini.” Tandasnya.

Leave a Comment