Sudah Lama Tak Balapan Karena Disanksi, Begini Curhatan Iannnone

Rider Aprilia Racing Andrea Iannone sudah hampir satu tahun melalui hari tanpa mengaspal di atas lintasan. Lantas, bagaimana perasaan pria asal Italia tersebut?

Bagi yang belum tahun, Andrea Iannone sebelumnya memang tersandung kasus penggunaan obat terlarang jenis Steroid. Pria berusia 31 tahun tersebut dilaporkan mengkonsumsi Steroid pada ajang MotoGP di malaysia tahun 2019 kemarin.

Setidaknya, tes medis menunjukkan bahwa Iannone memang terbukti mengkonsumsi Steroid. Atas sikapnya tersebut, mantan rider Ducati lantas mendapatkan sanksi berupa larangan balapan selama 18 bulan ke depan.

Tak tinggal diam, Iannone lantas mengajukan banding ke Pengadilan Abitrase Olahraga atau CAS lantaran merasa dirinya tidak mengkonsumsi obat terlarang tersebut. Rencananya, kamis ini (15/10) waktu setempat, CAS akan mengumumkan keputusan banding tersebut.

Berbicara mengenai hal tersebut, Iannone mengakui bahwa periode dimana dia tidak balapan selama hampir setahun benar-benar sulit. Namun, yang bersangkutan bisa memetik pelajaran berharga dalam hidupnya.

“Periode ini banyak memberi pelajaran, sehingga dalam hidup semuanya tidak dapat diprediksi dan sulit untuk dihitung. Hari ini, jika saya mendengar orang mengeluh tentang hal-hal yang tidak berguna, saya katakan kepada mereka untuk belajar menghargai hal-hal yang mereka miliki.”

“Hidup saya telah berubah. Dari satu hari ke hari berikutnya, saya mendapati diri saya tidak bisa melakukan apa yang selalu saya lakukan, bukanlah pilihan saya sendiri. Saya tidak menginginkan ini terjadi pada siapa pun,” kata Iannone kepada GP One.

Lebih lanjut, Iannone mengakui bahwa absen balapan selama hampir setahun lamanya terasa seperti diculik. Yang bersangkutan berharap keadilan bisa membuktikan bahwa dia sebenarnya tidak bersalah.

“Saya merasa diculik, seolah-olah hidup saya telah dicuri. Tugas saya adalah mengikuti aturan, dan berharap keadilan berjalan dengan sendirinya,” katanya.

Menariknya, WADA selaku Badan Anti-Doping Dunia juga telah mengajukan banding kepada CAS terkait sanksi tersebut. Mereka beranggapan bahwa Iannone lebih pantas dijatuhi sanksi larangan balapan selama empat tahun ke depan.

Nah, pengumuman untuk banding dari WADA nantinya juga akan diumumkan pada kamis ini, waktu setempat.

Leave a Comment