Southgate Latih Timnas Inggris, Karena Tak Laku di Level Klub

Legenda Manchester United dan Prancis, Eric Cantona, kembali menyuarakan komentar yang kontroversial. Setelah sebelumnya secara jelas mengkritik Jose Mourinho, kini giliran pelatih Tim Nasional Inggris , Gareth Southgate yang disindirnya. Cantona menilai fakta bahwa Southgate menangani Tim Nasional Inggris adalah karena tidak ada klub yang mau mempekerjakannya.

Sebagaimana diketahui, Gareth Southgate memang sudah dipercaya FA untuk jadi pelatih Tim Nasional Inggris sejak tahun 2017 silam, menggantikan Sam Allardyce yang didepak gara-gara sebuah skandal menghebohkan saat itu. Bisa dikatakan, Southgate melakukan tugasnya dengan cukup baik sebagai pelatih The Three Lions, dengan mengantarkan Harry kane cs sampai ke babak semifinal Piala Dunia 2018 kemarin.

Namun, sepertinya kualitas Southgate masih relatif biasa saja di mata legenda Manchester United, Eric Cantona. Bahkan, dia mengklaim bahwa fakta Southgate menangani Timnas Inggris adalah karena yang bersangkutan memang tidak laku di level klub.

“Manajer terbaik tentu bersama klub terbaik, bukan dengan tim nasional. Itulah kenyataannya. Di Piala Dunia, pelatih Spanyol [Julen Lopetegui] ditawarkan pekerjaan oleh Madrid, dia mengambilnya, kendati pun dia tak lagi bisa bersama Spanyol, yang merupakan salah satu favorit untuk menjuarai Piala Dunia. Dia lebih memilih melatih Madrid daripada Spanyol.”

“Kenapa? Karena klub-klub terbaik adalah mereka yang diinginkan pelatih terbaik. Lihat di Inggris, saya suka Southgate tetapi apa yang dia lakukan sebelumnya sebagai manajer? Dia merupakan manajer Middlesbrough. Apa yang dia menangkan? Tidak ada. Kenapa Inggris bisa memilikinya sebagai pelatih? Karena dia adalah satu-satunya yang tidak berada di klub besar. Saya katakan itu ada padanya. Pelatih-pelatih timnas ada karena mereka tidak diinginkan oleh klub,” ujarnya kepada Daily Mail.

Ini bukan pertama kalinya bagi legenda asal Prancis tersebut menuturkan komentar Kontroversialnya. Dia juga pernah mengkritik Mourinho, dengan menyebut bahwa pelatih Manchester united bukanlah The Special One, tapi Pep Guardiola.

Leave a Comment