Southgate Larang Tottenham Mainkan Kane di Final Liga Champions

Gareth Southgate menjadi satu sosok yang melarang Tottenham untuk menurunkan Harry Kane untuk tampil di final Liga Champions musim ini, alasan sang pelatih timnas Inggris tersebut terbilang masuk akal lantaran sang pemain belum sembuh betul dari cedera.

Harry Kane sejauh ini belum menunjukkan perkembangan terkait cederanya, bahkan sang pemain sudah absen sejak babak semifinal Liga Champions melawan Ajax beberapa waktu lalu. Ketika Tottenham memastikan diri melangkah ke babak final, Kane pun berjanji untuk bekerja keras agar cederanya cepat sembuh.

Harry Kane ingin bermain pada laga final melawan Liverpool yang akan digelar pada Minggu (2/6/2019) di Wanda Metropolitano, Madrid. Menanggapi niatan Kane, Gareth Southgate merasa bahwa hal itu akan sangat buruk dan meminta kepada klub untuk memainkan pemain lain.

Gareth Southgate tidak memikirkan diri sendiri dan timnas Inggris, dirinya melihat ada sosok pemain lain yang onfire ketika Harry Kane cedera. Pemain yang dimaksud adalah Lucas Moura dan Son Heung-min yang bisa dimaksimalkan secara optimal.

“Tak boleh memaksakan untuk memainkan Harry Kane karena mereka mungkin merasa bahwa Lucas yang mencetak hattrick di semifinal dan Son bermain sangat bagus. Mungkin Kane tidak jadi pemain yang berdampak. Jadi ini bukan pendahuluan untuk Mauricio Pochettino, saya tidak tahu apa yang dia pikirkan tentang situasi ini. Saya rasa, itu akan sangat bergantung pada seperti apa Harry Kane menjalani latihan,” cetus Southgate.

“Tidak mutlak harus begitu. Kita harus dengar lebih dulu seperti apa kondisi [kebugaran] pasca pertandingan nanti. Peluang Kane di timnas Inggris masih sangat terbuka, situasi ini hanya sebuah cedera yang akan sembuh.” jawab Southgate.

Southgate dalam waktu singkatnya belum lama ini merilis daftar skuat Timnas Inggris yang akan berlaga di UEFA Nations League. Ada 27 pemain yang dipanggil oleh manajer berusia 42 tahun tersebut, dan dari semua pemain itu masih belum mendapat jaminan karena akan diadakan evaluasi.

Peluang bermain Kane sendiri cukup bagus meski masih dalam kondisi cedera. Gareth Southgate menambahkan terkait status sang kapten tim Inggris itu, dirinya masih menunggu kepastian kebugaran 100 persen Kane.

“Dua pemain harus kami pantau lagi bagaimana kondisinya pada pekan depan, Harry Kane adalah salah satu yang jadi pengecualian. Sebab, kami akan melihat kondisinya pada pekan terakhir yang disebut mendapat perkembangan positif.” tutup Southgate.

Leave a Comment