Soal Kartu Merah Lionel Messi, Begini Kata Ronald Koeman

Lionel Messi akhirnya mendapat kartu merah langsung untuk pertama kali setelah mencatatkan tak kurang dari 753 penampilan bersama Barcelona.

Kartu merah pertama tersebut didapat La Pulga dalam pertandingan antara Barcelona melawan Athletic Bilbao di Final Piala Super Spanyol pada Senin dinihari WIB tadi (18/01). Dalam laga di Camp Nou itu, secara mengejutkan Barcelona takluk dengan skor tipis 2-3.

Barca sempat unggul lebih dulu bahkan sebanyak dua kali, namun entah karena apa mereka membiarkan lawan mencetak dua gol balasan. Skor sama kuat memaksa pertandingan berlanjut ke babak ekstra time.

Di babak tersebutlah Messi mendapati kartu merahnya, pada menit terakhir pertandingan, saat Barcelona sedang melancarkan serangan, Messi terlihat menjotos salah satu pemain lawan, Asier Villalibre.

Dalam tayangan ulang VAR, tampak saat itu Asier Villalibre memang seperti menghalangi pergerakan Messi yang sedang berlari menuju kotak penalti.

Wasit sebenarnya luput dari insiden tersebut, namun setelah melihat VAR, dia melihat jelas bahwa Messi menjotos Asier, alhasil sang pengadil memberikan kartu merah langsung kepada sang kapten.

Berbicara mengenai insiden tersebut, pelatih Ronald Koeman mengaku memahami bahwa itu hanyalah reaksi wajar dari Messi yang merasa frustrasi karena sedang tertinggal setelah sempat memimpin pertandingan sebelumnya.

“Saya memahami apa yang Messi lakukan di kartu merah itu. Saya tidak tahu berapa banyak pelanggaran yang mereka lakukan pada dia. Dia mencoba menggiring bola dan selalu tidak bisa.”

“Apakah saya memaafkan dia? Saya harus lebih dahulu melihat insidennya,” kata Koeman dikutip dari Marca.

Sebenarnya, sebelum pertandingan melawan Athletic Bilbao, Barcelona masih berharap-harap cemas menunggu kepastian kebugaran Messi yang sempat absen karena cedera otot ringan di beberapa pertandingan terakhir.

Memang, Messi pada akhirnya tetap bermain di babak final Piala Super Spanyol, tapi sayang sekali sang kapten justru menerima kartu merah pertamanya dalam kostum Barcelona.

Soal cedera Messi, Koeman sendiri menegaskan bahwa sang pemain sendiri yang memutuskan untuk bermain.

“Setelah bertahun-tahun, dia [Messi] tahu betul kapan dia bisa bermain dan kapan tidak. Dia memutuskan ingin bermain dan itu sudah,” tandasnya.

Leave a Comment