Skuat Yamaha Musim Ini Adalah Yang Terbaik Sepanjang Masa

Lin Jarvis selaku Direktur Manajer Yamaha Motor Racing sadar bahwa di masa lalu Yamaha memiliki banyak rider hebat, tapi komposisi musim ini dianggapnya sebagai yang terbaik sepanjang masa.

Yamaha Moto Racing musim ini sebenarnya digawangi dengan rider yang sama dengan kampanye musim 2019 kemarin.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih jadi andalan di Tim Monster Energy Yamaha, sedangkan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli berada di tim Satelite Petronas Yamaha SRT.

Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli sudah mengoleksi 12 gelar juara dunia secara total jika raihan ketiga rider ini digabungkan. Sedangkan Fabio Quartararo belum meraih gelar apapun, tapi dia punya potensi untuk itu.

Hal inilah yang membuat Lin Jarvis beranggapan bahwa komposisi rider Yamaha Moto Racing musim 2020 adalah yang terbaik sepanjang partisipasi Yamaha pada kompetisi ini.

Lin Jarvis sendiri sudah menduduki jabatan sebagai Managing Director Yamaha Moto Racing sejak tahun 1999 silam. Di masa lalu, Yamaha juga punya banyak rider hebat seperti Giacomo Agostini, Kenny Roberts, Johnny Cecotto dan masih banyak lagi.

Tapi menurutnya sulit untuk membandingkan para rider yang berada di era berbeda.

“Apakah kami punya tim Yamaha terbaik sepanjang masa? Mungkin ya. Tapi lebih baik kita sepakati saja bahwa mereka adalah kelompok terbaik selama beberapa waktu terakhir,” ungkap Jarvis, yang menjabat sebagai Managing Director Yamaha Motor Racing sejak 1999.

“Itu karena terkadang saya melihat foto-foto lama, ada Giacomo Agostini, Kenny Roberts, Johnny Cecotto, dan lainnya. Sulit membandingkan generai-generasi berbeda. Tapi jika melihat beberapa waktu belakangan, line up kami sangat kuat,” lanjutnya.

Faktanya, komposisi tim Yamaha Moto Racing di musim 2021 mendatang juga kemungkinan tidak banyak berubah.

Memang, Valentino Rossi tidak lagi menjadi tandem Maverick Vinales, seiring keputusan Yamaha yang telah mencapai kesepakatan dengan Fabio Quartararo musim depan.

Akan tetapi, besar kemungkinan juga The Doctor akan bergabung dengan Tim Petronas Yamaha SRT bersama dengan Franco Morbidelli musim depan. Kecuali yang bersangkutan memang berniat gantung helm.