Siwak, Sikat Gigi Alami Yang Kaya Manfaat

Menyikat gigi memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Rutinitas ini bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi. Sikat gigi sendiri ada yang dibuat oleh manusia, ada juga yang berasal dari alam. Siwak adalah sikat gigi yang berasal dari alam, tepatnya dari batang pohon siwak.

Siwak mengandung banyak sekali kandungan positif untuk tubuh kita, diantaranya alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, fluoride, vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin. Sedangkan manfaat siwak untuk tubuh diantaranya adalah berikut ini.

1. Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi

Siwak diyakini bisa mencegah beragam penyakit pada gigi, termasuk gigi berlubang. Manfaat ini bisa diperoleh berkat essential oil yang terkandung di dalam siwak. Cara penggunaannya sendiri bisa dengan dikunyah terlebih dulu sebelum digunakan untuk menggosok gigi. Hal tersebut bertujuan untuk memproduksi air liur lebih banyak.

Faktanya, air liur yang diproduksi dapat meningkatkan Ph pada rongga mulut. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dapat ditekan. Di samping itu, dengan siwak kita juga bisa memperlambat pengeroposan pada gigi.

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas

Siwak mengandung wangi yang alami, sehingga banyak yang beranggapan bahwa siwak bisa menghilangkan bau mulut. Ini karena batang atau ranting siwak mengandung zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. Biasanya, penggunaan siwak juga dikombinasikan dengan daun mint, tujuannya supaya nafas menjadi lebih segar.

3. Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak pada gigi bisa muncul jika jarang menggosok gigi, hal ini disebabkan sisa makanan akan menempel pada selah gigi dan menjadi plak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membersihkan gigi dengan siwak. Kandungan silika dalam siwak mampu mencegah pembentukan plak gigi. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa mencegah gigi menguning.

4. Melindungi gusi

Selain kesehatan gigi, siwak juga bisa membuat gusi menjadi lebih sehat. Pasalnya, siwak mampu mencegah pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri di antara sela gigi dan gusi sehingga mengurangi risiko terjadinya radang gusi .

Leave a Comment