Si Kecil Malas Berangkat ke Sekolah ? Coba Lakukan Cara Ini

Menuntut ilmu sejak usia dini memang sangat diperlukan, selain untuk masa depan anak, menuntut ilmu juga penting untuk pengembangan otak mereka. Hanya saja, tidak sedikit anak yang merasa malas saat akan berangkat ke sekolah, dengan berbagai alasan seperti mengantuk dan sebagainya.

Nah, jika si kecil di rumah memang malas berangkat ke Sekolah, coba lakukan beberapa hal berikut ini yang efektif membujuk mereka untuk mau bersekolah lagi.

1. Ajak anak bicara

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam keluarga, terutama kepada antara orang tua dan anaknya. Tak terkecuali jika mereka malas bersekolah, pertama cobalah ajak berbicara. Tanyakan apa yang membuat ia tak mau ke sekolah, misalnya saja ada sesuatu yang mungkin membuat Si Kecil takut di Sekolahnya.

Kita harus mendengarkan penjelasannya secara rinci tanpa mengabaikan atau meremehkan. Setelah itu, Bunda dan Ayah bisa mencari solusi. Yakinkan Si Kecil bahwa ia bisa mengatasi hal tersebut dan semuanya akan baik-baik saja. Jangan lupa juga untuk mengingatkan mereka bahwa kita sebagai orang tuanya akan siap melindungi.

2. Berikan anak hadiah

Hadiah memang salah satu hal yang dinantikan Si Kecil, terutama dari orang tuanya. Nah, mengiming-imingi hadiah kepada si Kecil agar mau bersekolah juga merupakan cara yang efektif. Tidak perlu hadiah yang besar atau mahal, cukup berikan hadiah sederhana, misalnya makanan favoritnya atau kelonggaran untuk bermain gadget jika mereka sudah pulang sekolah.

3. Banyak Hal Menyenangkan Di Sekolah

Sangat penting juga bagi orang tua untuk menekankan kepada anaknya tentang banyak hal positif dan menyenangkan yang bisa didapat di sekolah. Misalnya mendapat teman baru, mengobrol dengan teman-temannya selepas jam pelajaran, atau belajar pelajaran favorit si anak. Dengan begitu, Si Kecil akan kembali bersemangat pergi ke sekolah.

Nah, itulah tiga cara yang bisa dilakukan untuk merayu anak agar tidak malas berangkat sekolah, tapi kita juga tidak bisa memaksakan kehendak jika si Kecil memang sedang tidak fit, pusing atau kelelahan. Si Kecil juga tidak bisa berada dalam tekanan batin, karena akan mengakibatkan trauma yang beresiko.

Leave a Comment