Selebrasi Zakar CR7 Berakhir Denda Dari UEFA

Raksasa Serie A Italia, Juventus pada akhirnya bisa menghirup udara kebebasan usai UEFA tidak jadi memberikan sanksi larangan bermain kepada mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo.

Dalam kasus ini, UEFA hanya mengeluarkan hukuman dendan kepada Ronaldo karena dianggap melakukan selebrasi tidak pantas. Adapun selebrasi kontroversi ini hadir dikala Juventus berhadapan dengan Atletico Madrid dilanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Sukses menghantam Atletico Madrid dengan camoback tiga gol tanpa balas, Ronaldo pun menunjukkan ekspresinya dengan meniru selebrasi memegang kemaluan ala Diego Simeone sebagaimana dia lakukan di leg pertama kemarin, tepatnya saat Atletico mengalahkan Juve 2-0 di Wanda Metropolitano.

Simeone sejatinya mengeluarkan perkataan maaf usai melakukan selebrasi itu. Tak berbeda dengan Ronaldo, dia juga didenda oleh UEFA. Sanksi Ronaldo pun tidak juah berbeda dengan Simeone sebagaimana federasi sepak bola Eropa tersebut tidak melihat unsur lain yang memprovokasi lawan.

“Perilaku tidak senonoh pemain Cristiano Ronaldo – Art. 11 (2) (b) dan Art. 11 (2) (d) dari Peraturan Disiplin UEFA Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA akan menangani kasus ini pada pertemuan berikutnya pada 21 Maret 2019.” tulis pihak UEFA di akun resmi mereka.

Tapat pada hari Kamis, 21 Maret 2019 waktu setempat. UEFA akhirnya mengeluarkan putusan yang tidak jadi memberikan hukuman larangan bermain kepada Ronaldo, dan hanya menjatuhkan denda sebesar 20.000 Euro.

“CEDB telah memutuskan untuk mendenda pemain Juventus Cristiano Ronaldo 20.000 Euro (£ 17.700) karena kelakuannya yang tidak baik.”

Menanggapi kisruh ini, beberapa tanggapan datang dari rekan setim Ronaldo semacam Federico Bernardeschi yang menganggap tidak sepatutnya UEFA mengeluarkan hukuman larangan bermain kepada Ronaldo. Sang rekan melihat bahwa selebrasi tersebut terkesan biasa-biasa saja.

“Saya pikir tak ada lagi yang perlu ditambahkan. Itu adalah sesuatu yang tak perlu diperhatikan, tapi [hukuman] akan terasa gila. Saya pikir ini akan berakhir, itu hanya sebuah selebrasi, sebuah gerakan. Saya selalu melihatnya tenang dan rileks, begitu juga dengan kami. Saya yakin semuanya akan baik-baik saja,” tutup Bernardeschi.

Dengan kepastian ini, maka Ronaldo bisa dipastikan akan bermain melawan Ajax Amsterdam di babak perempat final Liga Champions. Adapun jadwal leg pertama akan digelar di Amsterdam pada 17 April 2019. Nama Juventus, Barcelona, Manchester City, dan Liverpool masuk ke dalam kandidat kuat juara Liga Champions musim ini.

Leave a Comment