Selamat! Joan Laporta Resmi Jadi Presiden Baru Barcelona

Selamat! Joan Laporta Resmi Jadi Presiden Baru Barcelona

Yang dinanti-nantikan para fans Barcelona akhirnya terjadi juga, pemilihan Presiden Baru, dimana voting terbanyak berhasil diraih mantan presiden klub, Joan Laporta.

Seperti diketahui, kursi pelatih di Barcelona memang sempat kosong seiring dengan keputusan Josep Maria Bartomeu mundur dari jabatannya pada akhir 2020 lalu.

Mundurnya Bartomeu didasari oleh kisruh yang terjadi di jajaran petinggi klub, bahkan ruang ganti Barcelona juga sempat tak kondusif karena kisruh tersebut.

Menurut isu yang terdengar saat itu, Bartomeu dan jajaran direksinya telah menyewa buzzer untuk menyerang para pemain yang tidak sejalan dengan keputusannya, termasuk kapten Lionel Messi dan Gerard Pique.

Isu ini memang sempat dibantah oleh Barcelona, namun belum lama Bartomeu Cs diciduk pihak kepolisian Catalan karena terbukti telah melakukan hal yang tudingkan tersebut, atau dikenal dengan istilah Barcagate.

Persiapan pemilihan Presiden pun dilakukan sejak Bartomeu mundur, ada tiga kandidat yang maju antara lain Joan Laporta, Victor Font dan Toni Freixa. Voting pun dilakukan oleh seluruh anggota klub pada Minggu kemarin, 7 Maret 2021.

Hasilnya, Joan Laporta yang sebelumnya memang sudah pernah menjabat sebagai Presiden Klub berhasil terpilih dengan mengantongi Voting terbanyak.

Laporta memenangkan 54.28 persen dari total suara yang diperebutkan. Laporta mengantongi 30.184 suara. Dia unggul jauh dari dua pesaingnya. Pemungutan suara sendiri dilakukan lewat pos dan enam tempat lain.

Sebagai informasi, Joan Laporta pernah menjabat sebagai Presiden Barcelona pada periode 2003 sampai 2010 silam. Artinya, ini akan jadi periode keduanya sebagai presiden Raksasa Catalan.

Namun tentu saja Tugas berat sudah menanti Joan Laporta sebagai presiden Barcelona. Bukan hanya tentang kondisi finansial klub yang tidak cukup bagus, tetapi juga tentang masa depan Lionel Messi.

Kontrak Lionel Messi di Camp Nou hanya tersisa sampai akhir musim 2021 ini, sedangkan sampai saat ini belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak yang disepakati mega bintang Argentina tersebut.

Beberapa waktu lalu, Laporta sangat optimis bisa membuat Messi bertahan di Barcelona, dia bahkan yakin hanya dia dari tiga kandidat Presiden klub yang bisa membuat La Pulga bertahan.

Leave a Comment