Sejarah Awal Ditemukannya Olaharaga Voli

Voli memang bukan olahraga yang digemari mayoritas masyarakat Indonesia, namun tidak bisa dipungkiri olahraga Voli sangat menghibur, apalagi jika kita memainkannya secara langsung.

Olahraga ini terbagi menjadi dua jenis, antara lain Voli Lapangan dan Voli Pantai. Nah, jika Berbicara soal Voli, masih ada banyak hal yang tidak diketahui masyarakat mengenai olahraga yang satu ini termasuk sejarahnya.

Saat awal ditemukan, ternyata permainan ini tidak diberi nama Voli, melainkan Mintonette.

Olahraga tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 silam.

YMCA sendiri merupakan sebuah organisasi yang berdedikasi untuk mengajarkan ajaran-ajaran utama dari Umat Kristen kepada para pemuda. Organisasi tersebut berdidir 9 tahun sebelum olahraga Mintonette ditemukan.

William sendiri terinpsirasi menciptakan olahraga Mintonette setelah bertemu dengan James Naismith yang dikenal sebagai pencipta olahraga basket. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa William G. Morgan merupakan Sarjana lulusan Springfield College of YMCA.

Jika melihat sejarah bola basket, artinya olahraga Mintonette ini tercipta empat tahun berselang.

Saat diperkenalkan pertama kali, Olahraga Mintonette sendiri diadopsi dari campuran beberapa jenis olahraga permainan seperti Bola Basket, Baseball, Tenis dan Bola tangan alias Hand Ball.

Olahraga permainan ini baru berubah nama menjadi Volleyball atau Bola Voli sejak tahun 1986, atau lebih dari 90 tahun sejak mintonette ditemukan.

Awalnya, Dr. Luther Hasley Gulick yang mengundang dan meminta William untuk mendemonstrasikan permainan Mentonette tersebut di Stadion Kampus Physical Education of the International Committee of YMCA.

Selepas Demonstrasi, Willian C. Morgan menjelaskan bahwa olahraga ini terdiri dari dua tim dengan jumlah lima orang setiap timnya. Dia juga menjelaskan bahwa permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.

Pada saat yang bersamaan pun akhirnya nama Mentonette dibuah menjadi Volleyball atau yang kita kenal dengan sebutan Bola Voli.

Leave a Comment