Raih Podium Pertama di MotoGP, Alex Sudah Nyaman Sejak FP

Akhirnya, Honda mendapati rider mereka naik podium pada MotoGP musim ini setelah melalui 7 Seri tanpa hasil. Adalah Alex Marquez, adik kandung Marc Marquez tersebut sukses naik podium ke-2 pada GP Prancis akhir pekan kemarin.

Seperti diketahui, seri ke-8 MotoGP musim ini digelar di Sirkuit LeMans, Prancis pada Minggu kemarin (12/10) waktu setempat. Pada balapan tersebut sebenarnya Alex Marquez mengawali balapan di posisi ke-18.

Perlahan, pebalap Repsol Honda terus memperbaiki posisinya, memaksimalkan sejumlah insiden yang terjadi, termasuk jatuhnya Valentino Rossi.

Sampai pada akhirnya, ketika balapan tinggal menyisakan tiga lap saja, Alex pun berhasil menempati posisi ke-2. Dia sukses mempertahankan posisi tersebut hingga lap terakhir, dengan finish di belakang Danilo Petrucci selaku yang tercepat.

Sebenarnya, performa gemilang Alex Marquez memang sudah tampak sebelumnya dari kepercayaan diri sang rider. Saat Free Practice atau latihan bebas pada Jum’at (09/10), pebalap berusia 24 tahun tersebut mengaku sangat nyaman dengan tunggangannya.

Terutama ban hujan Michellin yang didesain khusus untuk trek basah. Alex merasa sangat percaya diri dan akhirnya benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Saya cukup cepat di trek basah dan saya merasa baik dengan itu. Bannya sangat berbeda dari Moto2 dan ban hujan Michelin memberikan kepercayaan diri yang tinggi,” kata Alex, dikutip dari PaddockGP.

Dengan keberhasilan ini, artinya Honda telah mengakhiri masa paceklik mereka sejak seri pertama. Sebagai informasi, tidak ada satupun rider Repsol Honda sebelum seri Prancis kemarin yang berhasil naik podium.

Hal ini tidak lain disebabkan absensi sang juara bertahan sekaligus andalan pabrikan asal Jepang tersebut, Marc Marquez. Kakak kandung Alex mengalami cedera sejak seri pertama dan belum kembali balapan hingga sekarang.

Sedangkan bagi Alex Marquez sendiri ini adalah podium pertama di kelas tertinggi ajang Grand Prix.

Berkat naik podium pertamanya, Alex Marquez kini menempati peringkat ke-14 klasemen MotoGP 2020. Dia mengoleksi 47 poin dan tertinggal 17 angka dari penghuni peringkat ke-10, Danilo Petrucci.

Sedangkan posisi puncak masih diduduki rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Leave a Comment