Ponsel Terendam Air ? Jangan Asal Bongkar Ya

Di saat musim hujan seperti sekarang ini, banjir adalah hal yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Meski volume air masih tergolong wajar, namun tetap saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi jika secara tidak sengaja ponsel kita jatuh ke dalam genangan air banjir. Tentu saja, jatuhnya ponsel ke genangan air dapat berakibat kerusakan.

Namun banyak masyarakat yang masih awam, mencoba untuk membetulkan sendiri ponsel mereka dengan cara dibongkar. Padahal, membongkar ponsel tidak selalu jadi solusi, bahkan justru bisa membuat ponsel kita menjadi lebih rusak. Lantas, bagaimana cara teraman saat menangani ponsel yang terendam air ?

1. Jangan langsung dihidupkan

Ada aliran listrik dalam ponsel kita di hampir setiap sisinya. Begitu tombol power ditekan dan ponsel hidup, artinya aliran listrik tersebut akan berjalan sebagaimana fungsinya. Air yang masuk ke dalam ponsel kemudian terkena aliran listrik di dalam malah bisa menimbulkan konsleting. Karenanya, ketika ponsel terendam banjir, hindari langsung dihidupkan ya.

2. Keringkan bagian luar

Kemudian cara kedua bisa dengan mengeringkan bagian luar ponsel. Caranya tentu sangat mudah, gunakan saja lap kering. Pastikan setiap sisi ponsel tidak lagi terdapat cairan.

3. Bisa Gunakan Pengering Rambut

Hair Dryer atau pengering rambut juga bisa menjadi media penanganan pertama pada ponsel yang terendam air. Menggunakan hair dryer dimungkinkan untuk mengeringkan bagian port jack audio 3,5 mm, konektor charger ataupun speaker.

Tapi perlu dicatat juga bahwa tidak semua perangkat hair drayer dapat digunakan. Jangan menggunakan hair dryer yang anginnya terlalu kencang dan panas, karena justru bisa merusak komponen dalam ponsel.

4. Bawa ke Tempat Servis

Setelah itu sangat disarankan untuk dibawa ke service center. Karena kalau nekad menyalakan atau membongkarnya sendiri, maka kerusakan bisa merembat ke mana-mana. Lebih baik untuk tidak sok tahu, serta menyerahkan masalah ini kepada yang lebih ahli.

Pada intinya, ponsel terendam air tidak berarti bencana, tak perlu panik, kepanikan justru membuat segala sesuatunya akan lebih runyam. Cobalah tetap tenang, dan ikuti langkah-langkah di atas.

Leave a Comment