Pep Guardiola Dukung Arteta Sukses di Arsenal

Arsenal akhirnya ‘mengamini’ salah satu spekulasi yang terdengar di media-media Eropa belakangan ini, bahwa mereka akan menunjuk salah seorang mantan pemain klub, Mikel Arteta untuk menjadi pelatih tetap. Benar saja, pada Sabtu dinihari WIB (21/12), the Gunners memang resmi menjadi Mikel Arteta sebagai pelatih tetap Arsenal.

Sebagai informasi, Arsenal memang tidak memiliki sosok pelatih tetap semenjak memecat Unai Emery beberapa waktu lalu. Pelatih asal Spanyol itu didepak dari kursi manajer menyusul serangkaian hasil negatif yang didapat klub pada awal musim ini. The Gunners sempat menunjuk Freddie Ljunberg untuk menjadi manajer sementara.

Sayangnya, dibawah arahan pria asal Swedia tersebut, bisa dikatakan performa Arsenal tidak membaik, malah cenderung memburuk. Dari empat pertandingan, the Gunners hanya meraih satu kemenangan saja dan dua kali kalah. Tak heran jika banyak kemudian pihak yang mendesak agar klub London utara itu segera menunjuk pelatih baru.

Ada beberapa sosok yang sempat disarankan kepada Arsenal, termasuk diantaranya Carlo Ancelotti dan Massimilliano Allegri. Keduanya adalah pelatih kondang berpengalaman yang sedang menganggur saat ini. Tapi Arsenal justru lebih memilih pelatih yang tidak berpengalaman, bahkan belum memiliki pengalaman menjadi manajer, dia adalah Mikel Arteta.

Ya, Arteta yang selama semusim terakhir ini bekerja sebagai assisten Pep Guardiola di Manchester city resmi ditunjuk Arsenal untuk jadi manajer tetap. Menariknya, Guardiola sempat merekomendasikan Arteta untuk meneruskan pekerjaannya di Manchester City. Tetapi, Pep Guardiola mengaku tak bisa berbuat banyak jika Arteta ingin pergi.

Dia hanya bisa mendukung mantan assistennya itu untuk meraih sukses sebagai pelatih Arsenal.

“Saya selalu berbicara hal yang sama dengan pemain maupun asisten saya. Jika mereka ingin pindah maka saya tak mau menahan mereka. Arteta tahu apa keinginan saya dan juga klub, setelah itu saya tak bisa berbuat apa-apa lagi. Jika dia bertahan bagus, namun jika dia pindah ke Arsenal, maka saya selalu berdoa terbaik untuknya,” ujar pep Guardiola kepada reporter.

Adapun, Arteta sendiri menyepakati kontrak berdurasi tiga setengah tahun di Arsenal, atau tepatnya sampai tahun 2023 mendatang.

Leave a Comment