Penyakit-Penyakit Yang Umum Menimpa Para Lansia

Para lansia atau lanjut usia jika terserang penyakit tertentu adalah hal yang dianggap wajar. Faktor usia adalah penyebab utamanya. Tentu saja, kekuatan dan ketahanan tubuh akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Begitu juga dengan kinerja organ-organ dalam tubuh, yang selain dipengaruhi waktu, juga dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Nah, berikut ini adalah penyakit umum yang bisa menimpa para lansia.

1. Inkontinensia urine

Pernah mendengar kakek atau nenek kalian di rumah ngompol ? Jangan kaget ya, gejala ini dikenal dengan istilah Inkontenensia Urine. Para lansia rentan mengalami penyakit ini akibat kekuatan otot di sekitar kandung kemih dan saluran kencing yang melemah seiring bertambahnya usia. Alhasil, saat akan buang air kecil, mereka tidak bisa mengendalikannnya.

2. Stroke

Stroke memang salah satu penyakit yang ditakuti oleh orang, tak hanya lansia. Mengejutkan ketika penyakit ini menimpa orang yang masih muda, tapi dianggap wajar saat menimpa mereka yang sudah tua. Faktor usia membuat kinerja otot dan sendi tulang melemah. Tak heran jika banyak lansia yang perlu bantuan saat akan buang air kecil dan buang air besar.

3. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol ini dapat membuat penderita diabetes kerap merasa haus. Mereka menjadi sering minum dan otomatis akan sering buang air kecil.

Beberapa gejala dari penyakit diabetes adalah luka yang lama sembuh, sering kesemutan, mati rasa, mudah lelah, dan cepat mengantuk.

4. Hipertensi

Hipertensi dikenal dengan sebutan tekanan darah tinggi. Penyakit yang satu ini biasanya tanpa gejala, dan bisa menimpa para lansia karena mereka jarang berolahraga di masa mudanya, sama seperti penyebab diabetes. Biasanya, para lansia yang terkena hipertensi akan sering merasa pusing, sesak nafas dan sebagainya.

5. Penyakit jantung

Seperti yang kami katakan, seiring bertambah usia, menurun juga kinerja organ-organ tubuh termasuk jantung. Apalagi jika lansia jarang berolahraga sejak muda, atau memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi) dan aterosklerosis.

Kemampuan jantung untuk memompa darah akan melemah seiring bertambahnya usia. Tapi tidak bagi mereka yang giat berolahraga di masa muda dan menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Comment