Pele Tak Terima Rekor Golnya Dilampaui Cristiano Ronaldo

Legenda besar Brazil, Pele tampaknya merasa tak terima dengan klaim yang menyebut bahwa Cristiano Ronaldo telah mematahkan rekor golnya. Itu terlihat dari klaim 1.283 gol yang dibuatnya terpampang pada akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya perlu diketahui, Cristiano Ronaldo sukses memecahkan rekor tersebut selepas mencetak dua gol ke gawang Udinese awal pekan ini.

Dengan tambahan dua gol tersebut, mega bintang Portugal kini telah mencetak 758 gol di laga kompetitif. Sejumlah situs statistik pun mengklaim bahwa jumlah tersebut melebihi jumlah gol di laga kompetitif yang dicetak Pele sepanjang karirnya dulu.

Legenda Brazil ini diklaim telah mencetak 757 gol di pertandingan kompetitif, atau satu lebih sedikit dibandingkan jumlah gol Cristiano Ronaldo.

Dengan jumlah gol sebanyak itu, Cristiano Ronaldo hanya kalah dari Josef Bican yang telah mencetak 805 gol pada periode 1931 hingga 1957 di laga kompetitif.

Menariknya, tak lama berselang setelah klaim statistik tersebut, Pele langsung membuat klaim sendiri bahwa dia telah mengemas 1.283 gol sepanjang karirnya.

Klaim tersebut tercantum dalam keterangan di Instagram milik pria asal Brasil. Pele menuliskan pada profilnya di Instagram: Pencetak gol terbanyak sepanjang masa (1.283).

Media Italia, Football Italia mengatakan bahwa klaim tersebut masih bisa diperdebatkan, karena menurut mereka Pele turut menyertakan gol-gol yang dia cetak dalam laga non-resmi seperti laga persahabatan, testimoni, tur dan sebagainya.

Sedangkan, gol di laga kompetitif sendiri dihitung berdasarkan pertandingan resmi berbasis kompetisi yang diakui FIFA.

Adapun, Pele hanya membela dua klub sepanjang karirnya sebagai pemain, antara lain Santos (1956-1977) dan New York Cosmos sebelum pensiun.

Sepanjang membela Santos, Pele mencetak 644 gol dimana rekor itu disamakan oleh Lionel Messi yang mencetak 644 gol untuk satu klub saja, Barcelona.

Tapi Santos membantah klaim itu dan menyebut bahwa Pele mencetak lebih dari 1000 gol, dengan gol-gol di laga persahabatan juga termasuk diantaranya.

Sedangkan Messi mencetak 644 gol di Barcelona dalam laga kompetitif saja. Sejauh ini, masih belum ada perdebatan terbuka mengenai hal tersebut.

Leave a Comment