Para Pembalap F1 Cemaskan Cuaca Dingin di GP Eifel

Sejumlah Driver Formula 1 termasuk diantaranya Sebastian Vettel mengaku cemas dengan potensi cuaca saat balapan di Sirkuit Nurburgring, Jerman pada seri GP Eifel 2020 pekan depan.

Sebagai informasi, GP Formula 1 Eifel 2020 bakal jadi Seri Balapan ke-11 di musim ini, rencananya akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober mendatang di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Adapun, ini adalah kali pertama bagi Sirkuit Nurburgring menjadi venue ajang Grand Prix Mobil Jet setelah terakhir kali mendapat kesempatan serupa di tahun 2013 silam. Saat itu, Rider Ferrari Sebastian Vettel berhasil jadi yang tercepat.

Sirkuit ini terletak di kota Nurburg, Rheindland-Pfalz. Sejak dulu memang dikenal sebagai trek dengan lintasan yang sangat menantang dan cenderung berbahaya.

Bahkan, di kalangan pembalap ada julukan tersendiri untuk Sirkuit ini. Jackie Stewart misalnya yang menganggap Sirkuit Nurburgring sebagai The Green Hell atau yang berarti Neraka Hijau.

Kendati demikian, tantangan tingkat tinggi yang dihadirkan sirkuit Nurburgring tersebut justru membuat para pembalap Formula 1 semakin antusias untuk beraksi disana.

Hanya saja, ada kecemasan terkait dengan kondisi cuaca dengan suhu yang rendah atau bahkan hujan.

Pemenang terakhir di Sirkuit ini, Sebastian Vettel juga mengungkapkan kecemasan yang sama. Suhu Udara yang rendah menurutnnya akan sangat mempengaruhi performa Ban.

“Balapan di wilayah Eifel pada bulan Oktober, kami memperkirakan cuaca akan sangat dingin, jadi ban menjadi pertimbangan yang sangat penting,” Ujar Sebastian Vettel seperti dikutip dari PlanetF1.com.

Apalagi, Driver Scuderia Ferrari tersebut tahu persis bagaimana tingkat kesulitan di sirkuit Nurburging dalam hal tikungan yang memaksa setiap Pembalap harus menurunkan kecepatan mereka dan melakukan akselerasi dengan tepat.

Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan detil kecil jika cuaca memang tak bersahabat.

“Kami berharap bisa berjuang di lini tengah dimana setiap seperseratus detik dapat membuat perbedaan. Kami harus menjaga setiap detail kecil,” tutur Vettel.

Sebastian Vettel sendiri mengincar kemenangan lagi pada sirkuit Nurburgring nanti, apalagi mengingat saat ini dia menempati posisi ke-13 di klasemen sementara.

Leave a Comment