Para Eksekutor Penalti Terbaik Eropa Sejauh Ini

Penalti adalah salah satu bagian dari pertandingan sepakbola, dan tidak jarang sebuah tim menginginkan penalti sebagai ‘jalan pintas’ untuk mendapatkan gol tanpa harus berhadapan dengan barisan pertahanan lawan. Pasalnya, jarak bola dengan gawang begitu dekat, 12 Meter, sehingga kemungkinan bola masuk ke gawang sangat besar, meski ada penjaga gawang yang mengawal.

Akan tetapi, tidak jarang juga penalti itu gagal, entah karena faktor akurasi atau tekanan yang ada di lapangan. Di Eropa misalnya, tentu saja tekanan disana begitu berat bagi para eksekutor penalti, terutama pada momen-momen yang menentukan. Tapi, para penendang penalti berikut ini berhasil mencatatkan dirinya sebagai penalti terbaik di Eropa sejauh ini. Siapa saja ?

1. Harry Kane

Pemain berusia 26 tahun ini adalah Striker andalan Tottenham Hotspur yang memang harus diakui sebagai pemain produktif, tak hanya dalam situasi open play, tapi juga dalam eksekusi penalti. Bahkan, Kane juga dipercaya menjadi eksekutor penalti di Tim nasional Inggris. Wajar saja, dari 43 kesempatan, dia hanya gagal delapan kali. Rasio Golnya lewat eksekusi penalti adalah sebanyak 83 persen.

2. Cristiano Ronaldo

Tak perlu diragukan lagi, Cristiano Ronaldo memang merupakan seorang eksekutor penalti handal. Dia adalah algojo penalti abadi bagi Juventus juga bagi Tim Nasional Portugal. Sampai-sampai yang bersangkutan mendapat julukan ‘Penaldo’, karena keahliannya dalam mengeksekusi penalti. Dari total 166 kesempatan penalti, Ronaldo berhasil membukukan 144 gol, artinya dia hanya 22 kali gagal, dengan jumlah rasio 83 persen.

3. James Milner

Salah satu eksekutor penalti tersukses lainnya adalah James Milner. Eks Manchester City yang kini membela Liverpool tersebut telah sukses mencetak 29 gol dari 34 kesempatan tendangan penalti yang ia raih baik bersama klub maupun bersama timnas. Rasionya melebihi rasio Kane dan Ronaldo, dengan total 85 persen.

4. Sergio Ramos

Dan yang terakhir adalah Sergio Ramos, pemain berusia 34 tahun ini merupakan eksekutor penalti tetap bagi Real Madrid dan timnas Spanyol. Bek El Real tersebut telah menciptakan 22 gol dari 25 kesempatan menendang dari titik putih baik bermain untuk klub maupun timnas. Rasio keberhasilan tendangan penalti Ramos mencapai 88 persen. Tak heran jika dia tercatat sebagai bek paling produktif dalam sejarah Real Madrid.

Leave a Comment