Paksa Diri Untuk BAB, Pria Ini Alami Gagal Jantung

Susah Buang Air Besar memang hal yang mengganggu. Situasi ini terkadang membuat kita menghabiskan diri berjam-jam di kamar mandi agar kotoran mereka bisa keluar dari lubang anus. Padahal, faktanya cara tersebut salah besar, bahkan bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Seperti yang baru-baru ini dialami oleh Seorang pria di Zhejiang, China. Pria yang tak disebutkan identitasnya tersebut mengalami gagal jantung saat tengah berjuang mengatasi susah Buang Air Besar. Diyakini pria ini mengejan terlalu kuat di toilet di rumahnya, kemudian mengalami gagal jantung dan kolaps.

Sebenarnya, cerita tentang pria tersebut berawal dari penyakit konstipasi. Pada awal januari ini, pria berusia 72 tahun tersebut dilaporkan tidak bisa buang air besar hingga 3 hari. Suatu malam, dia lantas memutuskan untuk ke toilet, dengan tujuan memaksa kotoran keluar dari anusnya. Tapi, justru yang terjadi tidak diduga.

Mendadak, pria ini kolaps dan tak sadarkan diri. Dikutip dari World of Buzz, pria ini sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Sebagaimana dijelaskan dokter, ternyata pria tersebut mengejan terlalu kuat saat Buang Air besar, yang akhirnya memicu gagal jantung.

Sebagai informasi yang perlu diketahui, Saat mengejan tekanan internal dalam tubuh dapat mempengaruhi saraf maupun denyut nadi dan tekanan darah. Mengejan pun bisa membuat jantung berdebar lebih kencang, dan sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung.

“Memang orang yang punya penyakit jantung sebaiknya tidak boleh mengejan, karena itu meningkatkan risiko tekanan yang tinggi dalam rongga jantung,” jelas dokter tersebut.

Memang, sangat melegakan rasanya ketika kotoran keluar dari anus saat BAB, namun perlu diketahui, mengejan terlalu kuat sangat tidak disarankan. Mungkin Pria di atas juga sudah terlalu tua, sehingga pada akhirnya berakibat fatal pada jantungnya sendiri.

Namun, harus diwaspadai juga masalah susah buang air besar, agar sebaiknya langsung pergi ke Dokter dan meminta obat yang tepat. Atau, bisa dengan cara mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk melancarkan BAB seperti Pepaya atau meminum Air Hangat.

Leave a Comment