Ozil Undang Erdogan ke Acara Pernikahannya, Jerman Meradang?

Bentrokan antara gelandang Arsenal, Mesut Ozil dengan negaranya, Jerman nampaknya akan memasuki babak baru. Hal ini muncul ke media usai kabar menyebutkan sang pemain mengundang secara resmi presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ke acara pernikahannya yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini.

Belum juga hilang dari ingatan publik bagaimana Ozil keluar dari timnas Jerman dengan cara yang tidak wajar. Melalui akun media sosialnya, Ozil menuliskan sebuah kata bahwa dirinya mendapat perlakukan tidak sopan sebagai imigran Jerman.

“Ketika kami berhasil menang, maka kami adalah orang Jerman. Tapi bila kami kalah, saya adalah seorang imigran,” demikian tulisan Ozil di akun instagram pribadinya usai memutuskan mundur dari timnas Jerman di Piala Dunia Rusia 2018.

Awal masalah ini terjadi ketika Ozil mempublikasikan foto bersama dengan Erdogan. Gelandang Arsenal ini dianggap melakukan blunder besar karena menerima ajakan pertemuan tertutup dengan Erdogan yang dianggap memiliki masalah perihal Hak Asasi Manusia.

Momen ini dianggap tidak tepat, dimana foto itu tersebar luas ke media dengan kondisi timnas Jerman sedang melakukan persiapan di pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2018. Buruknya adalah timnas Jerman gagal total dan sudah tersingkir di babak fase grup.

Semua ini sudah terlihat ketika Jerman kalah tipis 1-0 atas Meksiko. Harapan sejatinya sempat datang ketika Jerman mampu menang tipis atas Swedia dengan skor 2-1. Namun sayang, semua harapan itu musnah ketika di pertandingan terakhirnya Jerman kalah telak dari Korea Selatan.

Momen itu meninggalkan cerita buruk di sepanjang kiprah Jerman di Piala Dunia, buruknya lagi mereka datang sebagai juara bertahan. Publik lantas mengkambing hitamkan sosok Ozil sebagai pembawa sial. Mereka menilai kontribusi Ozil sangat buruk sehingga Jerman tidak mampu berkembang, dan menyangkutkan foto sang pemain dengan Erdogan.

Seiring waktu berjalan, masalah itu pun kian hilang bagai angin berlalu. Namun usut punya usut, masalah itu akan kembali muncul kepermukaan dalam waktu dekat ini. Menurut sumber terdekat, Ozil rela meluangkan waktunya untuk menemui Erdogan di bandara Istanbul bersama tunangannya, Amine Gulse.

Menurut sumber terpercaya, waktu itu Ozil meminta kepada Erdogan untuk datang ke acara pernikahannya sebagai tamu kehormatan. Aksi Ozil lantas mengundang respon dari banyak politisi Jerman, salah satunya datang dari Helge Braun.

Selaku dari kanselor Jerman, Angela Merkel, itu mengaku kecewa karena menilai Ozil mencoba memunculkan masalah baru dan dianggap membuka luka lama yang sudah seharusnya hilang.

“Fakta bahwa ini masih berlanjut akan mengecewakan banyak fans sepak bola, termasuk saya,” cetus Helge Braun.

Sejauh ini, Ozil masih berstatus sebagai pemain resmi Arsenal, dan banyak spekulasi menyebutkan jika dirinya sudah tidak nyaman di London dan bersedia meninggalkan Arsenal andai ada penawaran dari klub luar di bursa transfer musim panas mendatang.

Leave a Comment