Neymar Berada Di Level Yang Sama Dengan Messi dan CR7

Meski dinilai sebagian pihak masih belum bisa membuktikan dirinya layak diganjar penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or, Neymar tetap dianggap sudah selevel dengan dua pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Hal serupa juga dituturkan oleh salah seorang legenda Tim nasional Brazil Zico, yang sekaligus tak setuju dengan keputusan pelatih Thomas Tuchel menempatkan Neymar sebagai Nomor 10.

Neymar, 25 tahun, memang sempat digadang-gadang bakal jadi pemain terbaik dunia, meneruskan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang telah mendominasi penghargaan tersebut selama kurang lebih satu dekade terakhir. Sejak kemunculannya bersama Santos, Neymar sudah disanjung-sanjunga, terlebih saat dia bergabung dengan Barcelona pada tahun 2013 silam dan memenangkan treble winner bersama raksasa Catalan dua tahun berselang.

Sayang, Neymar masih sulit bersaing dengan kedua pemain tersebut, sampai akhirnya yang bersangkutan memutuskan hijrah ke Paris Saint-Germain pada musim panas tahun lalu. Di PSG, Neymar tak hanya beradaptasi dengan rekan-rekan baru, tapi juga posisi baru, sebagaimana musim ini pelatih Thomas Tuchel lebih sering memainkannya sebagai nomor 10. Menurut legenda brazil, Zico, posisi Neymar yang paling pas adalah Winger, bukan Nomor 10. Tapi terlepas dari itu, Neymar menurutnya berada di level yang sama dengan Messi dan Ronaldo.

“Neymar tak memainkan peran itu [sebagai nomor 10], Ia adalah pemain sayap dan selalu seperti itu. Klub memberinya nomor 10 karena ada arti besar dalam hidup sebagai pemain Brasil. Mungkin, satu-satunya yang yang seperti itu adalah Romario, striker yang memilih sebagai nomor 11. Tapi, setiap penyerang dari setiap klub memilih nomor 10 karena itu mewakili nama besar klub. Klub-klub juga membuat poin akan hal tersebut.”

“Jadi, kostum nomor 10 punya bobot, tak hanya di tim nasional, tapi juga di Brasil. Itu sebagai referensi besar. Ia merupakan pemain bintang dalam tim, jadi ia menerima nomor 10. Saya pikir Neymar dalam situasi itu, jelas mendapat lebih banyak tekanan. Setiap pemain hebat lebih menonjol dalam kemenangan, tapi penuh tekanan dalam kekalahan. Tapi ia adalah pemain luar biasa. Ia punya talenta yang jarang dimiliki lainnya dalam sepakbola. Saya menempatkannya selevel dengan Cristiano Ronaldo dan Messi.” ujar Zico.

Leave a Comment