Musim Depan UEFA Akan Gelar Kompetisi Liga Baru, Kasta Ketiga Liga Eropa!

Musim Depan UEFA Akan Gelar Kompetisi Liga Baru, Kasta Ketiga Liga Eropa!

Presiden UEFA, Alexsander Ceferin, mengumumkan ingin menggelar kompetisi liga baru pada musim depan yaitu UEFA Conference League.

UEFA Conference League merupakan kompetisi kasta ketiga di Eropa setelah Champions League dan Europa League. Kabarnya UECL hadir untuk memberikan kesempatan tim dari asosiasi yang kurang kuat istilahnya untuk lebih bersaing, karena tingginya dominasi klub 5 liga top eropa.

Dikutip dari laman resmi UEFA, Alexsander Ceferin mengungkapkan bahwa Pihaknya ingin memberi kesempatan banyak tim memperebutkan gelar bergengsi Eropa, khususnya negara-negara di luar 5 liga top Eropa.

“Kami ingin membuat kompetisi kami lebih inklusif – untuk memberi klub dan fans kesempatan bermimpi dan bersaing memperebutkan gelar Eropa. Inilah mengapa kami menciptakan UEFA Conference League,” kata Ceferin.

“Kami memiliki 55 asosiasi negara-negara yang membentuk UEFA, dan penting untuk memberi klub-klub dari sebanyak mungkin federasi, kesempatan memperpanjang kampanye Eropa mereka selama mungkin,” ujarnya.

Lalu, berapa slot klub peserta dari tiap asosiasi?

Untuk tim dari diantara lima liga top eropa hanya dapat jatah satu saja. Lalu untuk peringkat koefisien 6-15 UEFA akan mendapatkan jatah dua tim. Lalu peringkat koefisien 16 – 50 akan mendapatkan jatah tiga tim. Waktu pertandingan ini akan dimainkan Kamis atau Jumat dinihari waktu Indonesia.

Setiap perwakilan harus menjalani babak playoff dulu untuk dapat lolos ke fase grup UECL. Tim yang berhasil menjadi juara pada ajang ini akan mendapatkan tiket ke Europa League musim berikutnya. adapun tim yang sudah memastikan berlaga di UECL pada musim depan, salah satunya Tottenham Hotspurs yang musim ini finish diperingakat 7 Premier League.

Leave a Comment