Minum Air Hujan, Apakah Aman Bagi Kesehatan ?

Musim Hujan Tiba, dan tentu saja selain Banjir yang rasanya rutin jadi topik utama setiap tahunnya, tidak ada salahnya untuk berbincang mengenai kebiasaan main hujan-hujanan yang biasanya dilakukan anak-anak sampai remaja. Memang, ada sensasi tersendiri saat bermain hujan, saking asiknya, terkadang secara tak sengaja air hujan sampai tertelan. Apakah aman ?

Melansir dari situs ThoughtCo (26/12/) sebagian besar air hujan aman untuk diminum dan bahkan mungkin lebih bersih daripada persediaan air umum. Namun, hanya air hujan yang jatuh langsung dari langit yang aman untuk diminum. Tapi, bagaimana jika ceritanya air hujan adalah sumber air satu-satunya ketika situasi darurat ?

Boleh-boleh saja untuk diminum, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sebaiknya kita merebus air tersebut sampai mendidih. Proses perebusan ini bisa membasmi berbagai macam bakteri dan debu yang mungkin terkandung dalam air hujan tersebut, sehingga lebih aman untuk diminum.

Sebagai informasi, sebelum jatuh ke tanah, Air hujan lebih dulu melewati atmosfer sehingga sangat mungkin terkontaminasi beberapa hal yang berbahaya bagi tubuh. Karenanya, sebaiknya menghindari meminum air hujan jika anda tinggal di sekitar pabrik kimia, atau pembangkit listrik, karena sangat mungkin air hujan akan tercemar paparan gas/asap dari kedua tempat tersebut.

Juga, sebaiknya tidak meminum air hujan yang sempat melewati tanaman atau gedung, karena bisa saja tercemar langsung oleh zat kimia beracun. Kemudian hindari meminum air hujan yang tertampung dalam wadah kotor, meskipun direbus terlebih dulu sebelum diminum.

Pilihlah wadah bersih untuk menampung air hujan. Setelah air hujan tertampung, diamkan selama setidaknya satu jam agar partikulat berat dapat mengendap di bagian bawah. Kamu juga bisa menggunakan alat saringan untuk menghilangkan kotoran. Di samping itu, air hujan memiliki sifat asam alami dengan pH rata-rata sekitar 5,6 dari interaksi antara air dan karbo dioksida di udara. Hal tersebut sama sekali tidak berbahaya untuk diminum.

Tapi kasusnya akan berbeda jika hujan turun di area gunung berapi aktif, air hujan langsung tercemar oleh paparan vulkanik gunung yang akan sangat berbahaya jika diminum.

Leave a Comment