Merasa ‘Di Anak Tirikan’, Franco Morbidelli Sindir Yamaha

Merasa ‘Di Anak Tirikan’, Franco Morbidelli Sindir Yamaha

Rider Tim Petronas SRT, Franco Morbidelli kembali bersitegang dengan pihak Yamaha Motor Racing terkait dengan kendala teknis yang terjadi pada Grid di Seri Qatar akhir pekan kemarin. Morbidelli yang akhirnya finish di peringkat ke-18 lantas menyindir Yamaha.

Sebenarnya, Morbidelli sudah mengeluhkan minimnya ‘bantuan’ dari pihak Yamaha sejak musim kemarin, padahal dirinya jelas-jelas bersaing ketat dengan Joan Mir dalam memperebutkan gelar juara dunia, dimana pada akhirnya dia finish sebagai runner up.

Ketegangan inipun seolah diperkuat lagi oleh Razlan Razali selaku Team Principal Petronas SRT, dimana menurutnya Yamaha memperlakukan para rider Tim Petronas sebagai ‘Pelanggan’ alih-alih sebagai partner kerja mereka.

Morbidelli secara terang-terangan juga mengaku heran dengan keputusan Yamaha memberinya motor YZR-M1 versi 2019, alih-alih memberikan versi 2021 di musim ini, padahal ketiga rider lain termasuk rekannya Valentino Rossi mendapat Motor Spek terbaru.

Namun keluhan Morbidelli tampak semakin menjadi-jadi tatkala dia melalui seri pertama musim ini di Qatar dengan hasil yang mengecewakan.

Start pada posisi ke-7, sang runner up melorot sampai peringkat ke-20. Untungnya, di lap terakhir dia berhasil finish pada peringkat ke-18, tapi itupun terbantu oleh kecelakaan yang dialami Takaaki Nakagami dan Alex Marquez.

“Saya juga tak tahu tepatnya apa yang telah terjadi. Sesuatu terjadi pada motor sebelum balapan dimulai, sesuatu juga terjadi dalam balapan.”

“Kami harus memperbaikinya dan melakukan analisa lebih baik soal apa yang terjadi. Semoga kami bisa mengatasi masalah ini secepatnya,” ujar rider berusia 26 tahun ini.

Pebalap asal Italia mengakui bahwa saat ini dia bukanlah prioritas utama dari Yamaha Motor Racing, namun harapannya masalah teknis pada YZR-M1 yang dia tunggangi bisa tuntas sehingga meraih hasil yang lebih baik pada balapan berikutnya.

“Saya sangat berharap bisa menjalani balapan lebih baik di seri berikutnya. Saya tahu saya tak ada di puncak daftar (prioritas) Yamaha untuk saat ini, jadi entah apakah mereka akan berusaha buru-buru menanggapi masalah ini. Namun, mereka akan menanggapinya dengan sangat serius,” pungkas anggota VR46 Riders Academy ini.

Leave a Comment