Menurut Xavi, Liverpool Musim Ini Nyaris Sempurna

Performa Liverpool di paruh pertama musim ini begitu mengesankan, bahkan sosok legenda Barcelona seperti Xavi Hernandez begitu mengagumi penampilan yang diperlihatkan skuat arahan Jurgen klopp. Legenda Spanyol itu sampai menyebut Liverpool sebagai tim yang nyaris sempurna.

Jurgen Klopp patut mendapat apresiasi terkait dengan perkembangan pesat Liverpool selama ini. Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut memulai kisah romantisnya bersama Tim Marseyside sejak tahun 2015 silam. Pelatih asal Jerman itu ditunjuk menjadi juru taktik The Reds yang baru menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat klub karena hasil mengecewakan di awal musim.

Pada awalnya dia kesulitan, namun perlahan tapi pasti Liverpool benar-benar berubah jadi tim yang disegani. The Reds diklaim menjadi salah satu tim terkuat di Eropa saat ini, di mana musim lalu mereka berhasil menjadi juara Liga Champions Eropa, setelah di musim sebelumnya kalah di final dari Real Madrid.

Banyak pihak yang merasa terkesan dengan performa Liverpool dalam dua musim terakhir, termasuk salah satunya adalah legenda Barcelona, Xavi Hernandez.

“Apa yang menonjol dari Liverpool era Klopp adalah intensitas mereka yang luar biasa,” Demikian menurut Xavi kepada situs resmi FIFA.

Lebih lanjut, sosok yang sudah memenangkan lima trofi Liga Champions Eropa bersama Barcelona ini memiliki penilaian bahwa Liverpool arahan Jurgen klopp memainkan performa dengan intensitas tinggi, sehingga mereka cemerlang hampir di semua lini.

“Intensitas permainan mereka baik saat menyerang maupun bertahan sangat luar biasa. Tiga penyerang mereka melakukan pressing kepada tim lawan sehingga mereka berhasil membuat ruang di antara mereka.”

“Mereka adalah tim yang sulit untuk ditaklukan, dan di semua lini mereka benar-benar mendominasi. Mereka selalu memenangkan duel-duel dan mereka mendalami taktik mereka dengan sangat baik. Saya rasa mereka benar-benar tampol dominan di setiap lini pertahanan.”

Tak hanya itu, Xavi pun menutup sanjungannya pada Liverpool dengan menyebut mereka sebagai tim yang hampir sempurna.

“Transisi antara serangan dan pertahanan mereka nyaris sempurna. Bagaimana cara mereka bertahan, bagaimana cara mereka melakukan serangan balik dan kecepatan pemain mereka benar-benar luar biasa dan itu semakin baik di bawah intensitas yang diberikan Klopp kepada mereka.” Tutupnya.

Leave a Comment