Menurut Jaap Stamp, Messi Memang Layak Raih Ballon d’Or

Kendati statusnya adalah legenda besar Belanda dan mantan seorang defender, Jaap Stamp tak lantas menganggap Virgil Van Dijk lebih pantas memenangkan Ballon d’Or tahun lalu. Messi disebutnya lebih layak, dengan segala yang sudah diraih pemain Argentina tersebut.

Seperti diketahui, Virgil Van Dijk memang berhasil menembus nominasi tiga besar Ballon d’Or 2019 usai mengantarkan Liverpool jadi kampiun Liga Champions Eropa musim kemarin. Di podium tiga besar, dia bersaing dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Van Dijk sempat diprediksi akan jadi pemenangnya, dan Jaap Stamp mengaku puas dengan prediksi tersebut. Pasalnya, hal itu membuktikan bahwa saat ini seorang pemain bertahan tak lagi dianggap remeh.

“Biasanya seorang defender diremehkan dan orang-orang tidak banyak berpikir tentang mereka. Saya pikir sekarang ini menjadi lebih baik dan orang-orang lebih sering menghargai pekerjaan seorang defender,” ucap Stam seperti dilansir Goal International.

Hanya saja, mantan pemain AC Milan ini tetap menganggap Messi sebagai pemain yang lebih pantas memenangkan trofi tersebut.

“Melihat dunia sekarang, saya pikir Messi masih pemain terbaik. Jika Anda melihat Ballon d’Or dan memenangkan trofi, saya pikir keputusan yang tepat adalah memberikannya kepada Messi,” cetusnya.

Stamp bukannya tak ingin melihat seorang defender memenangkan Ballon d’Or lagi setelah terakhir, Fabio Cannavaro memenangkannya di tahun 2006 silam. Tapi, menurutnya Messi dengan konsistensi bertahan di level atas dan tekanan berat di pundaknya, lebih pantas diganjar trofi tersebut.

“Bukannya saya tidak ingin ia memenangkannya, tapi saya pikir Messi dan apa yang ia lakukan tahun demi tahun, mencetak gol dan menciptakan gol dengan tekanan di bawahnya, saya pikir ia pantas mendapatkannya,” tegasnya.

Messi berhasil finish di puncak voting terbanyak, unggul sedikit dari Van Dijk, sedangkan Cristiano Ronaldo berada di urutan ketiga.

Setelah pengumuman tersebut, Virgil Van Dijk tidak menyembunyikan rasa kecewanya usai dikalahkan Lionel Messi dalam penghargaan Ballon d’Or 2019. Meski demikian, dia tetap besar hati menerima kemenangan Bintang Barcelona, yang kini sudah mengoleksi 6 Ballon d’Or.

Leave a Comment