Menteri Olahraga Italia Akui Serie A Bisa Dihentikan

Serie A Italia bisa menyusul langkah Ligue 1 Prancis yang menghentikan kampanye musim 2019/20 ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Olahraga italia, Vincenzo Spadafora.

Sebagai informasi, Italia tercatat sebagai salah satu negara di Eropa yang paling parah merasakan dampak pandemi Virus COVID-19 ini. Situasi tersebut memaksa Serie A Italia selaku kompetisi sepakbola tertinggi disana akhirnya ditangguhkan sejak awal Maret.

Bahkan, kompetisi Serie A tercatat sebagai yang pertama dari lima liga top Eropa yang ditunda karena pandemi ini. Lantas kapan akan berlanjut lagi? Sejauh ini, belum ada kejelasan. Terlebih situasi masih belum membaik sepenuhnya.

Diungkapkan Vincenzo Spodafor bahwa sekarang ini PSSInya Italia, FIGC sedang membahas rencana pengguliran kembali kompetisi Serie A. Akan tetapi, sang mentri olahraga tampak pesimis dengan kelanjutan kompetisi musim ini.

Bukan tanpa alasan, beberapa Presiden Klub sudah mencapai kesepakatan agar liga diberhentikan saja. Dengan kata lain, Italia akan jadi Negara ke-empat setelah Belgia, Belanda dan Prancis yang telah resmi menghentikan kompetisi sepakbola mereka musim ini.

“Negosiasi sedang berlangsung antara komite ilmiah dan FIGC, yang telah menyajikan protokol medis yang dianggap tidak cukup,”

“Namun, saya selalu mengatakan bahwa melanjutkan latihan tidak selalu berarti melanjutkan musim. Saya melihat melanjutkan Serie A sebagai kemungkinan yang semakin tidak mungkin,”

“Prancis tidak akan menjadi liga terakhir yang memutuskan untuk berhenti di sini dan ini bisa mendorong Italia untuk mengambil pendekatan yang sama,” kata Spadafora kepada televisi La7.

Rencana untuk menyudahi kampanye musim ini memang memunculkan pro dan kontra sebelumnya. Cara terbaik untuk menentukan keputusan adalah dengan menggelar jajak pendapat. Hanya saja, Vincenzo Spadafora tak tertarik ikut andil dalam jajak pendapat tersebut.

Belgia menjadi negara pertama yang menghentikan kompetisi sepakbola mereka, kemudian disusul Belanda. Terbaru, ada Prancis yang telah memastikan bahwa kompetisi Ligue 1 musim ini resmi dihentikan.

Prancis memang sudah merasakan dampak besar dari wabah ini, setelah virus Covid-19 menewaskan lebih dari 23 Ribu orang disana. Sedangkan di seluruh dunia, total kasus positif corona yang sudah terkonfirmasi mencapai lebih dari 2,8 Juta kasus.

Leave a Comment