Mentalitas Buat Liverpool Bisa Sukses Seperti Sekarang

Kesuksesan Liverpool musim ini tak hanya soal kedatangan para pemain anyar atau pelatih Jurgen Klopp, tapi juga mentalitas para pemain yang berkembang menjadi semakin baik.

Memang tak bisa dipungkiri fakta bahwa Liverpool tampil cemerlang sejak kedatangan Jurgen Klopp di akhir tahun 2015 lalu. Meski tak memberikan dampak instan, namun perlahan performa Tim Marseyside tampak jauh lebih baik dibawah arahan pelatih asal Jerman.

Hasilnya mulai terlihat di musim 2017/18. Saat itu, Jurgen Klopp berhasil mengantarkan Liverpool sampai ke babak final Liga Champions Eropa. Sayangnya, mereka dikalahkan Real madrid pada laga puncak dengan skor telak 1-3.

Namun, puncaknnya baru tampak di musim 2018/19 kemarin. Liverpool kali ini berhasil menjadi juara Liga Champions Eropa berkat kemenangan telak 2-0 atas Tottenham Hotspur dibabak final.

Pada kampanye musim 2019/20 ini, performa apik pasukan Jurgen klopp kembali berlangsung. Mereka tampil terengginas di ajang Premier League. Bahkan, dari 29 pertandingan yang telah berlangsung, Tim Marseyside hanya kalah sekali dan menang 27 kali.

Dengan catatan tersebut, The Reds kini memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 25 poin atas rival terdekatnya, Manchester City. Artinya, tinggal dua kemenangan saja untuk mengunci gelar Premier League.

Berbicara tentang sukses timnya tersebut, kapten Jordan Henderson mengakui bahwa peranan Jurgen Klopp memang sangat besar. Terutama dalam menggembleng mentalitas para pemain Liverpool.

Pelatih asal Jerman tersebut mengajarkan para pemain untuk tetap menjaga mentalitas yang sama sepanjang pertandingan.

“Mentalitas dan ketahanan semacam itu di dalam diri kami, terutama musim ini, sangat besar dalam hal pertandingan yang telah kita menangi. Saya merasa seolah-olah itu adalah sesuatu yang benar-benar mulai ditanamkan oleh manajer dalam tim ketika ia pertama kali datang.”

“Ketika ia pertama kali datang, saya bisa mengingat ia berbicara tentang untuk tidak pernah berhenti dan menyelesaikan atau mengubah mentalitas Anda dalam pertandingan,” kata Henderson di Sky Sports News.

Liverpool musim ini berpeluang meraih gelar Premier League pertama sejak 30 tahun silam. Namun terancam gagal, menyusul pandemi Virus Corona yang membuat kompetisi ditangguhkan.

Leave a Comment