Masih Ingat? 7 Pemain Ini Tinggalkan Juve Saat Calciopoli

Sebelum merasakan kesuksesan seperti sekarang ini, Juventus pernah melalui masa-masa pahit, termasuk salah satunya saat skandal calciopoli menghebohkan jagat sepakbola.

Tepatnya di tahun 2007 silam, Juventus bersama dengan beberapa klub lain dijatuhi sanksi berat karena kedapatan terlibat dalam pengaturan skor. Bianconneri mendapatkan sanksi yang paling berat, selain kehilangan 3 gelar Scudetto, mereka juga terlempar ke Serie B italia.

Setelah resmi dinyatakan terdegradasi, Juventus pun ditinggalkan oleh 7 pemain mereka. Mereka adalah Zlatan Ibrahimovic, Emerson, Gianlucca Zambrotta, Patrick Vieira, Adrian Mutu, Fabio Cannavaro dan Lilian Thuram.

Lantas, bagaimana nasib ketujuh pemain tersebut setelah meninggalkan Si Nyonya Tua?

Zlatan Ibrahimovic secara mengejutkan langsung menerima pinangan dari klub rival, Inter Milan. Karir pemain Swedia bersama dengan Nerazzuri terbilang cukup sukses. Dia kemudian pindah ke Barcelona, lalu kembali ke Italia bersama AC Milan.

Sedangkan Emerson mengikuti jejak Fabio Capello yang memutuskan hengkang ke Real Madrid. Nahasnya, karirnya di Klub La Liga Spanyol tersebut tak begitu bagus, dia jarang dimainkan dan akhirnya hengkang.

Berbeda dengan Emerson, Zambrotta justru bergabung dengan Barcelona. Meski berbeda, nasib kedua pemain ini sama, sama-sama gagal bersama klub barunya. Satu-satunya trofi yang diraih Zambrotta bersama Barca hanyalah Supercopa de Espana.

Sedangkan gelandang Patrick Viera mengikuti jejak Ibrahimovic bergabung dengan Inter Milan. Sayang sekali, nasibnya tidak sama seperti Ibra. Selama empat musim membela Nerazzurri, Vieira jarang mendapat kesempatan tampil.

Situasinya semakin sulit sejak kedatangan Jose Mourinho. Pada akhirnya dia memutuskan hengkang ke Manchester City, bermain selama 18 bulan bersama klub Premier League tersebut.

Banyak yang sampai tidak ingat bahwa Adrian Mutu adalah mantan pemain Juventus, itu karena sukses yang dia catatkan bersama Fiorentina. Bersama La Viola, Mutu mencatatkan 112 penampilan dan 54 gol diantaranya.

Tak hanya Emerson yang ikuti jejak Capello ke Real Madrid, tapi juga ada Fabio Cannavaro. Tapi berbeda dengan gelandang Brazil, mantan bek Timnas Italia ini tercatat cukup sukses bersama Los Blancos.

Sementara Lillian Thuram yang ikut bersama Zambrotta ke Barcelona juga gagal bersama klub barunya.

Leave a Comment