Masih Beradaptasi, Wajar De Jong Belum Maksimal di Barcelona

Juru taktik Timnas Belanda, Ronald Koeman turut berkomentar tentang kritikan yang didapat pemainnya, Frenkie De Jong. Performa kurang apik sang pemain di Barcelona dianggapnya wajar, lantaran baru menjalani musim perdana di klub tersebut.

Pada kampanye musim kemarin, Frenkie De Jong adalah salah satu pemain muda terbaik Eropa. Dia tampil cemerlang bersama Ajax Amsterdam, mengantarkan klub tersebut mencapai babak semifinal Liga Champions Eropa.

Kesempatan bursa transfer musim panas kemarin lantas dimanfaatkan Barcelona untuk menebus De Jong seharga 75 Juta Euro.

Sayangnya sampai saat ini, banyak yang menganggap de Jong belum bermain sesuai harapan. Performanya masih kurang konsisten sehingga ia tidak memberikan banyak kontribusi untuk Barcelona.

Lepas dari kritikan yang didapat, pelatih Timnas Belanda mengaku sudah cukup puas dengan fakta bahwa De Jong mendapat kesempatan bermain lebih banyak di Barcelona.

“De Jong mendapatkan banyak kesempatan bermain di Barca dan itu sesuatu yang positif bagi saya,” ujar Koeman kepada Goal International.

Sedangkan soal performa sang gelandang yang dianggap belum sesuai harapan, Koeman memberikan pendapatnya.

Selain proses adaptasi di musim pertama, De Jong juga menurutnya bermain di posisi yang tidak biasanya. Akan tetapi, Koeman sadar bahwa itu adalah keputusan pelatih Barcelona.

“Saya rasa ia bermain di posisi yang berbeda dari posisinya yang biasanya. Namun itu semua mutlak keputusan pelatihnya” Tandasnya.

Meski demikian, mantan pelatih Everton ini sama sekali tidak meragukan kualitas De Jong. Dengan usianya yang masih sangat muda, Koeman yakin De Jong akan belajar di posisi barunya.

“Dia masih sangat muda, dan dengan banyaknya jam bermain yang ia dapatkan, ia akan belajar banyak hal. Namun saya rasa ia bermain di posisi yang berbeda ketimbang posisi yang ia mainkan bersama saya di Tim Nasional.” ujarnya.

Perlu diketahui, De Jong sendiri sejauh ini sudah tampil di 36 pertandingan untuk Barcelona di semua ajang. Catatannya, sang pemain sudah mengemas dua gol dan empat assist.

Sayang, De Jong tak mampu membantu Barca meraih poin kala bertandang ke Santiago Bernabeu akhir pekan kemarin. Saat itu raksasa Catalan takluk dengan skor akhir 0-2.

Leave a Comment