Manchester City Pastikan Tak Belanja Pada Januari 2020

Performa Manchester City di paruh pertama musim ini tidak stabil, bahkan akhir pekan kemarin mereka ditahan imbang Newcastle United yang membuat klub semakin tertinggal dari puncak klasemen sementara. Normalnya, situasi ini memaksa Citizen merekrut amunisi anyar pada kesempatan bursa transfer musim dingin Januari 2020 mendatang.

Sebenarnya, pada bursa transfer musim panas kemarin, Manchester City cukup aktif, mereka merekrut enam pemain baru. Namun hanya ada dua yang membutuhkan dana transfer besar, yakni Rodri dan Joao Cancelo. Anehnya, Citizen tidak membeli seorang bek yang bisa menggantikan Vincent Kompany di jantung pertahanan.

Terkait dengan keputusan tersebut, pelatih Pep Guardiola sempat berkata bahwa materi pemainnya sudah mencukupi untuk mengarungi empat ajang berbeda. Lalu, di awal musim, Manchester City dihantam kabar cedera parah yang dialami sang bek, Aymeric Laporte. Alhasil, klub kekurangan stok pemain belakang, tapi sang manajer masih kokoh dengan perkataannya itu.

Sayangnya, yang terjadi di atas lapangan tak sebanding, Manchester City sulit mendekati puncak klasemen sementara Premier League. Mereka masih terjebak di posisi ke-3 dengan tertinggal 11 poin dari Liverpool yang ada di puncak. Namun, saat ditanya tentang peluang belanja pada Januari mendatang, jawaban Pep masih sama.

Hanya saja, keputusan untuk pasif di bursa transfer musim dingin mendatang bukan karena enggan berbelanja, melainkan pemain yang dia inginkan memang tidak dijual.

“Jika kami tak bisa melakukannya di musim panas, kami tak bisa melakukannya di bulan Januari. Pemain yang kami pikir menarik untuk ditambahkan ke dalam skuat kami, klubnya tak inign menjual,” Demikian ujar Guardiola seperti yang dikutip dari The Sun.

Belum diketahui, siapa pemain yang dimaksud oleh Pep Guardiola tersebut, bisa jadi dia adalah Leonardo Bonucci, yang sudah sejak lama diinginkan sang manajer.

Artinya, Manchester City harus tetap bertahan dengan skuat yang ada, dan absensi Laporte membuat Pep harus memainkan Fernandinho sebagai bek, keluar dari posisi aslinya sebagai gelandang. Pemain brazil tersebut diprediksi kembali tampil sebagai bek selama Laporte masih belum pulih.

Situasinya juga semakin diperparah dengan absensi Sergio Aguero, sebagaimana striker Argentina tersebut saat ini tengah cedera.

Leave a Comment