Makanan Ini Harus Dihindari Pengidap Penyakit Jantung

Penyakit Jantung terbukti sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, bisa disebabkan karena beberapa hal termasuk obesitas. Jika anda sudah terlanjur mengidap penyakit jantung, atau mengalami gajalanya, lebih baik hindari mengkonsumsi makanan dan minuman berikut ini.

1. Gula

Kebanyakan mengkonsumsi makanan manis atau mengandung gula faktanya bisa membuat kadar gula dalam darah bertambah bahkan berlebih. Hal ini memicu beragam penyakit seperti Diabetes, Obesitas, dan lainnya yang termasuk kategori penyakit pemicu jantung tidak sehat.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti kentang goreng di restoran, atau ayam goreng, burger dan Pizza adalah contoh makanan yang tidak sehat jika dikonsumsi terlalu sering. Pasalnya, kandungan lemak dan garam dalam makanan-makanan tersebut sangat tinggi, bisa memicu penyakit dan mengancam pada pengidap penyakit jantung.

3. Margarin

Sama seperti makanan siap saji, Margarin faktanya juga mengandung lemak yang tinggi, jadi sebaiknya hindari atau kurangi memasak makanan dengan menggunakan margarin.

4. Daging Olahan

Daging olahan seperti Sosis dan Bacon memang sangat mudah diolah menjadi masakan yang enak, nikmat disajikan sebagai lauk saat makan nasi. Tapi jangan salah, makanan yang berasal dari daging olahan juga tidak baik bagi jantung kita. Hal ini karena kadar garam dalam daging olahan tergolong tinggi.

5. Mi Instan

Meskipun enak dan cepat disajikan, sering makan mi instan akan meningkatkan risiko perubahan metabolisme karena kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh, dan beban glikemik. Orang yang mengidap sindrom metabolik cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

6. Soda

Soda memang minuman yang nikmat, apalagi dikonsumsi saat cuaca panas, atau sebagai teman saat menonton acara dan film favorit. Tapi perlu diketahui, Soda mengandung kalori yang tinggi, dan bahan kimia di dalamnya juga membuat bobot tubuh cenderung lebih cepat bertambah.

7. Alkohol

Alkohol adalah jenis minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi. Meski tubuh normal dan kadar trigliseridanya tak tinggi, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menaikkan tekanan darah, gagal jantung, stroke, dan penambahan berat badan.

Leave a Comment