Makanan Ini Bisa Buat Batuk Semakin Menjadi-Jadi

Batuk memang penyakit yang mengganggu aktivitas, namun tidak sedikit mereka yang justru mengabaikan penyakit ini, padahal jika didiamkan bisa berpotensi menjadi lebih parah.

Bahkan, alih-alih berusaha menyembuhkan batuk yang dialami, banyak Masyarakat yang justru nekat mengkonsumsi makanan dan minuman seenaknya. Padahal, beberapa jenis makanan dan minuman justru bisa membuat batuk menjadi lebih parah.

Memang demikianlah seharusnya, kita diwajibkan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman ketika sedang batuk. Misalkan makanan yang bersuhu ekstrim (terlalu panas/terlalu dingin), lalu gorengan, rambutan, kafein, olahan susu dan gula.

Makanan dan minuman tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak bagi para penderita batuk, malah akan bertambah parah. Bukan tanpa sebab, pasalnya makanan dan minuman tersebut bisa memicu rangsangan untuk bantuk.

Di samping itu, makanan yang manis dan mengandung banyak gula bisa menurunkan reaktivitas dari sel darah yang membuat daya tahan tubuh kita bisa berkurang. Sedangkan Kafein bisa menyebabkan pengeluaran cairan tubuh meninggi.

Sedangkan makanan atau minuman yang terlalu panas dan terlalu dingin bisa memicu iritasi pada tenggorokan kita. Jika sudah terjadi iritasi, secara otomatis batuk akan menjadi semakin parah.

Lantas, apakah ada obatnya ? Tentu saja ada. Meredakan batuk bisa dengan mengkonsumsi minuman hangat termasuk teh jahe. Minuman tersebut bisa melancarkan peredaran darah.

Dan jangan lupa juga mengkonsumsi buah-buahan seperti Jeruk, atau sayur yang mengandung antioksidan tinggi demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Makanan dan minuman hangat seperti sup dan teh jahe dapat melancarkan aliran darah, madu, buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan antioksidan bisa membantu melawan kuman dan meningkatkan daya tahan tubuh, dan minum cairan yang cukup dapat berasal dari jus buah, teh atau air hangat,” jelas dr Helmin Agustina Silalahi.

Namun, perlu diingat juga jika batuk yang dirasa tak kunjung sembuh, meski sudah mengkonsumsi makanan yang disarankan, maka lebih baik langsung pergi ke Rumah Sakit atau dokter terdekat.

Kita akan mendapat penanganan yang tepat, dan diberikan obat yang tepat agar batuk lekas mereda atau bahkan hilang sepenuhnya.

Leave a Comment