Liverpool Resmi Hadir di Piala Dunia Antarklub 2019

Piala Dunia Antarklub 2019 sempat memberikan kecemasan tingkat dewa usai digosipkan gagal digelar. Kini kepastian sedikit terlihat dengan satu langkah kepastian dari pihak Liverpool bahwa mereka akan tampil di ajang kelas dunia tersebut.

Liverpool yang keluar sebagai juara Liga Champions 2018-2019 adalah salah satu klub yang akan tampil di Qatar pada akhir 2019 mendatang. Adapun kabar kegagalan digelar ini sudah terdengar dalam beberapa minggu terakhir, melalui pihak penyelenggaran dari kompetisi yang mempertemukan tim-tim terbaik per benua terancam gagal karena adanya ekspansi tim peserta menjadi 24 tim yang dimulai pada 2021 mendatang.

Tak diketahui apa yang menyebabkan komite sepak bola tertinggi dunia, FIFA mengeluarkan putusan baru yang tetap menyajikan Piala Dunia AntarKlub 2019 dan 2020 akan tetap digelar di Qatar sebagai tuan rumah. Sedangkan dalam persiapannya, FIFA juga membocorkan siapakah tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 baru akan ditentukan dalam pertemuan Dewan FIFA di Shanghai pada 23 dan 24 Oktober 2019.

“Dewan FIFA memastikan haknya untuk Qatar sebagai tuan rumah dua edisi berikutnya turnamen (Piala Dunia Antarklub), dalam format yang ada pada 2019 dan 2020,” tulis FIFA di akun resminya.

Bila merujuk pada kepastian ini, maka Qatar mendapatkan hal positif sebagaimana ajang ini bisa menjadi persiapan mereka yang akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang. Menariknya disini ketika Piala Dunia AntarKlub tersebut menghadirkan juara baru dari Benua Eropa.

Liverpool berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 dalam partai final di Madrid akhir pekan kemarin. Catatan menjawab bahwa Liverpool belum pernah keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub. Pada edisi 2005 yang berlangsung di Jepang, mereka berhasil lolos hingga ke final. Namun, The Reds gagal menjadi juara setelah kalah 0-1 dari klub Brasil, Sao Paulo.

Klub dari Premier League Inggris yang terakhir tampil di ajang kelas dunia adalah Chelsea dalam edisi 2012 lalu. Ketika itu, The Blues juga harus tertunduk lesu karena kalah di partai final 0-1 dari klub asal Brasil, Corinthians.

Leave a Comment