Liga Super Eropa Bisa Hancurkan Liga Primer Inggris

Mantan Pelatih Legendaris Arsenal, Arsene Wenger tidak yakin klub-klub Premier league bakal bisa bertahan dengan padatnya jadwal pertandingan yang menanti mereka andai agenda Liga Super Eropa benar-benar terlaksana.

Sebagai informasi, belakangan ini memang sering jadi perbincangan terkait agenda kompetisi Liga Super Europa. Tentu saja, liga tersebut akan diikuti oleh sejumlah tim top Eropa dengan format liga.

Bahkan, menurut kabar yang terdengar, sudah ada sejumlah investor dan sponsor yang siap menggelontorkan dana besar agar Liga Super Europa ini bisa terwujud dalam waktu dekat.

Josep Maria Bartomeu sebelum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Barcelona juga sempat mengatakan bahwa raksasa Catalan sudah sepakat untuk bermain di ajang Liga Super Eropa.

Klub-klub besar Premier League sendiri kabarnya tengah merencanakan proyek bernama Big Picture untuk membuat mereka semakin digdaya.

Namun, Arsene Wenger tampak pesimis dengan liga Super Eropa ini, bukan soal keberlangsungannya, melainkan soal dampak yang bisa ditimbulkan, terutama pada Premier League.

Menurut Pria asal Prancis, adanya Liga Super Eropa malah bisa mematikan Liga Primer Inggris itu sendiri.

“Liga lain mencoba menghancurkan keunggulan yang dimiliki Premier League. Bagi mereka, cara terbaik untuk menjinakkannya adalah dengan menciptakan Liga Eropa. Pada dasarnya itu berarti menghancurkan Premier League,”

“Jika mereka mendapat persetujuan dari klub-klub besar Inggris, maka itu akan terjadi.” ujar Wenger kepada The Guardian.

Memang, Inggris adalah negara dengan kompetisi terbanyak di Eropa saat ini. Total ada tiga kompetisi dalam satu musim yang harus diikuti setiap tim. Penambahan liga bukan tidak mungkin bisa membuat level kebugaran para pemain menjadi sangat buruk.

Hadirnya Liga Baru, terutama yang melibatkan tim-tim besar Eropa memang berarti menambah hiburan bagi para penikmat olahraga ini. Namun Wenger beranggapan bahwa kompetisi baru muncul hanya sebagai ladang uang bagi para investor dan sponsor.

“Ini juga sepak bola, tetapi kita dalam periode pemilik atau investor. [Untuk] investor, target pertama mereka adalah menghasilkan uang. Liga Super Eropa adalah salah satu cara, mungkin, untuk menghasilkan lebih banyak uang.” tandasnya.

Leave a Comment