La Liga Spanyol Dianggap Tidak Akan Sama Tanpa Lionel Messi

Kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dinilai tidak mempengaruhi La Liga Spanyol secara keseluruhan. Namun, hal yang berbeda bakal dirasakan jika Lionel Messi nantinya pergi dari Barcelona untuk hijrah ke Negara lain.

Seperti diketahui, Messi dan Ronaldo memang sama-sama pernah menjadi ikon La Liga Spanyol. Yang lebih menarik lagi, kedua pemain tersebut membela kubu yang bersebrangan, Barcelona dan Real Madrid.

Rivalitas keduanya seolah melahirkan rivalitas individu yang melebihi gengsi dari El Clasico sebagai salah satu ikon besar La Liga selama ini. Sayang sekali, Cristiano Ronaldo menyudahi rivalitas tersebut dengan memilih hengkang ke Juventus di tahun 2018.

Sedangkan Messi bertahan di Barcelona, tapi dia memang sempat nyaris hengkang dari Camp Nou pada musim panas kemarin. Untung saja, Barcelona berhasil mempertahankan sang mega bintang.

Meski begitu, Lionel Messi masih berpeluang untuk pergi karena kontraknya di Barca akan berakhir pada musim panas 2021 nanti dan belum ada kesepakatan kontrak baru.

Terlepas dari itu, Mantan pelatih Timnas Indonesia asal Spanyol, Luis Milla mengaku tetap senang melihat Messi pada akhirnya bertahan di La Liga Spanyol.

“Saya pikir bagus untuk sepak bola Spanyol bahwa Messi bertahan. Ia pemain yang ambisius dan ingin memenangkan banyak gelar. Itu tidak terjadi padanya musim lalu”

“di atas itu, ia tidak terhubung dengan baik dengan direktur olahraga dan tidak ada perasaan yang baik dengan direktur & presiden secara umum. Juga, ada ketegangan terkait pergantian manajer selama musim lalu juga,” seru Milla pada Tribal Football.

Lebih lanjut, Milla menganggap La Liga tidak akan berubah meski Cristiano Ronaldo telah meninggalkan Real Madrid. Tapi jika sampai Messi meninggalkan Barcelona, maka La Liga bakal berbeda.

“Tentu saja, Cristiano Ronaldo telah meninggalkan La Liga dan hidup terus berjalan dan Messi bisa pergi di masa depan dan hidup akan terus berlanjut di La Liga juga … dengan pemain hebat lainnya …”

“Akan tetapi pemain seperti Messi tidak dapat digantikan. Mereka tipe pemain langka, pemain yang cuma muncul sekali saja. Ya, La Liga akan bertahan tanpa Messi tetapi itu tidak akan sama. Saya senang ia bertahan,” tegas Milla.

Leave a Comment